Yuk Kenali Karakter Air Alkali

Kesehatan

Yuk Kenali Karakter Air Alkali

Air alkali memang berbeda dengan air minum biasa, karena memiliki kandungan pH yang lebih tinggi dari air minum biasa dan dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. pH merupakan indikator tingkat asam atau basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Air yang netral alias tidak basa maupun asam memiliki kandungan pH sebesar 7. Hal tersebut seperti yang diutarakan oleh ahli nutrisi dan pembicara dari Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat Malina Malkani.

Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa lebih dari 7. Masing-masing angka ini menggambarkan perubahan derajat asam atau basa sebesar 10 kali lipat. Jadi air dengan pH 5 adalah sepuluh kali lipat lebih asam daripada air dengan pH 6.

Yuk Kenali Karakter Air Alkali

Air dengan pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, masing-masing memiliki efek samping yang tidak baik, terutama bagi tubuh manusia. Air yang sangat asam (pH rendah) memiliki sifat korosif dan bahkan dapat menghancurkan logam. Sedangkan, air yang terlalu basa (pH tinggi) memiliki kecenderungan rasa pahit dan bisa menimbulkan deposit atau endapan yang melapisi pipa air.

[Baca Juga: Ini Makanan-Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes]

Kadar pH air minum pada umumnya adalah berkisar 6 sampai 7. Namun ada juga air minum dengan tingkat pH yang lebih tinggi, yaitu 8 sampai 9. Air minum seperti inilah yang disebut sebagai air alkali. Mengutip dari Heatlhline.com (30/5/19), jika air alkali dikonsumsi secara teratur, diklaim mampu menyeimbangkan kelebihan asam pada tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Seperti yang dilansir oleh Beritasatu.com (11/1/15), ada beberapa gangguan tubuh dan penyakit yang dapat dikendalikan jika mengonsumsi air alkali:

  1. Stroke
  2. Asam urat
  3. Ginjal
  4. Liver
  5. Hipertensi
  6. Kolesterol
  7. Diabetes
  8. Kanker dan tumor
  9. Menghaluskan kulit
  10. Memperkuat tulang

Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengonsumsi air alkali. Pastikan bahwa nilai pH yang terkandung tidak melebihi angka 9, karena jika lebih dari angka 9 maka bersifat amat basa dan mengganggu struktur maupun kinerja lambung. Asam lambung sendiri memiliki kisaran nilai pH 1 sampai 2 yang berfungsi untuk membunuh kuman dan mencerna makanan.

[Baca Juga: 6 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan]

Di luar adanya pro dan kontra mengenai keberadaan serta manfaat air alkali dengan pH tinggi, pada dasarnya untuk menjalani hidup sehat, asupan yang harus dikonsumsi memang harus mengikuti prinsip gizi seimbang. Mulai dari istirahat yang cukup, olahraga teratur, kurangi makanan berlemak tinggi, perbanyak konsumsi buah dan sayur, hingga menghindari stres. Bahkan mengonsumsi air minum biasa dengan nilai pH 7 normal sebanyak delapan gelas per hari pun akan memberikan kontribusi positif bagi tubuh.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.