KEMAYORAN_FASHION_YUK MENGENAL KAIN SARI KHAS INDIA_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kecantikan dan Fashion

Yuk Mengenal Kain Sari khas India

Pasar Baru Jakarta dikenal sebagai salah satu lokasi sentra kain yang ada di DKI Jakarta. Segala jenis kain untuk berbagai keperluan dapat Anda temukan di kawasan ini. Namun bila tertarik untuk tampil berbeda, Anda bisa mengunjungi sejumlah toko di Pasar Baru Jakarta yang menjajakan kain sari.

Bagi Anda yang masih asing dengan jenis tekstil ini, kain sari merupakan garmen yang dikenakan para perempuan di kawasan subbenua India (wilayah di selatan Asia ). Sebagaimana penjelasan di “Saris: An Ilustrated Guide to the Indian Art of Draping” kain yang memiliki bentuk seperti tirai ini memiliki ukuran yang beragam dari mulai 4,5 meter sampai 8 meter untuk panjangnya dan lebar 60 cm hingga 1,20 meter.

Di negara asalnya, kain sari umumnya digunakan dengan cara dililitkan di pinggang dengan salah satu ujungnya yang menutupi area bahu. Sebenarnya di tempat asalnya, kain sari memiliki terdapat beragam jenis serta cara melilitkannya. Namun yang paling populer adalah gaya Nivi.

Dalam tulisan Kamala S. Dongerkerry, The Indian Sari, gaya Nivi yang berasal dari kawasan Dekkan, India, ini dimulai dengan memasukkan salah satu ujung kain sari ke bagian pinggang rok. Kemudian kain sari dililitkan di tubuh bagian bawah sekali lalu dikumpulkan menggunakan tangan hingga berbentuk lipatan di bawah pusar. Lipatan tersebut kemudian diselipkan ke bagian pinggang rok.

Selain di India, para perempuan dari beberapa negara tetangga Negeri Bollywood itu juga menggunakan kain sari untuk kesehariannya. Di Bangladesh, sari merupakan garmen nasional untuk para perempuan di sana. Kebanyakan yang menggunakan sari untuk kegiatan sehari-hari adalah perempuan yang sudah menikah sedangkan para gadis hanya menggunakannya untuk momen atau acara tertentu.

Di Pakistan, kain sari juga populer dan kerap digunakan untuk berbagai event oleh para perempuan di sana. Kain sari di negara ini juga ternyata memiliki makna prestise. Pasalnya, kain sari dipandang sebagai garmen yang kerap digunakan oleh para perempuan yang berasal dari ekonomi menengah ke atas dalam kegiatan sehari-harinya.

Perempuan Sri Langka juga menggunakan sari dan memiliki dua jenis gaya yang populer. Pertama adalah gaya Nivi yang terkenal di India. Kedua adalah Gaya Kandyan atau Osaria. Gaya ini terdiri dari blus lengkap dengan kain sari yang menutupi area ulu hati sepenuhnya dengan sebagian kain yang diselipkan ke bagian depan. Gaya Kandyan juga menjadi seragam dari pramugari Srilankan Airlines.

Popularitas kain sari di Indonesia sebenarnya tidak bisa dilepaskan dengan film Bollywood yang kerap ditayangkan di televisi swasta Nusantara. Sehingga banyak wanita yang mencoba menggunakan kain sari dalam pakaian mereka dan digunakan untuk beragam acara.

Selain karena film Bollywood, popularitas kain sari di Indonesia juga didongkrak oleh artis-artis serta para penyanyi dangdut. Sebagaimana dilansir dari Brilio.net, Iis Dahlia, Ayu Ting-Ting, Nia Ramadhani, Zaskia Gotik dan Raisa merupakan beberapa artis Indonesia yang membantu kembali mempopulerkan kain sari untuk anak-anak muda saat ini.

Mulai tertarik dengan garmen asal subbenua India ini? Anda sebenarnya bisa membelinya di toko-toko tekstil Pasar Baru Jakarta. Toko Tekstil Queentex, Toko Alta Moda, Pronto Moda dan Bombay Textile merupakan sejumlah toko kain yang Anda bisa kunjungi untuk mencari kain sari. Bahkan Anda bisa bertanya kepada pihak toko mengenai cara mengenakan kain sari bila memang Anda tertarik untuk menggunakannya.

Read More

Artikel Lainnya

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat pada Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat untuk Tubuh

24 August 2019, 16:00  |  7 Views

Kolagen memiliki banyak fungsi penting termasuk pada kulit dan tulang Anda, mengonsumsi kolagen dapat memiliki beragam manfaat kesehatan.

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Properti dan Solusi

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

24 August 2019, 15:00  |  8 Views

Mencintai bumi dengan melakukan zero waste atau mengurangi bahan-bahan limbah yang dapat mencemari lingkungan berdampak positif bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup sekitarnya.

Cari Bibit Atlet eSports, Ini Mekanisme yang Diterapkan First Warriors

Berita Kawasan

Cari Bibit Atlet eSports, Ini Mekanisme yang Diterapkan First Warriors

24 August 2019, 14:00  |  12 Views

First Warriors telah menetapkan mekanisme serta timeline untuk kompetisi Free Fire guna mencari bibit atlet eSports Indonesia.

Secerah Masa Depan Anda, Wajah Anda Juga Harus Cerah dari Bahan Alami Ini

Kecantikan dan Fashion

Wajah Dapat Secerah Masa Depan dengan Bahan Alami Ini!

24 August 2019, 13:00  |  10 Views

Sering berada di luar rumah bisa menyebabkan kulit wajah cepat kusam karena jarang dibersihkan maupun dirawat dengan baik.


Comments


Please Login to leave a comment.