DEPOK-KAWASAN-YUK MENJAGA SUNGAI CILIWUNG BERSAMA KOMUNITAS CILIWUNG DEPOK-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Yuk Jaga Sungai Bersama Komunitas Ciliwung Depok

Sungai Ciliwung atau Ci Liwung merupakan salah satu sungai penting di kawasan Jabodetabek. Sungai ini melintasi area Bogor, Depok, dan Jakarta. Sungai Ciliwung juga menjadi salah satu penyebab banjir tahunan Jakarta. Karena beragam masalahnya, tiga area ini berbondong-bondong melakukan berbagai macam cara untuk membenahi Sungai Ciliwung. Diharapkan pembenahan ini dapat berdampak baik untuk lingkungan di ketiga area tersebut. Beberapa masyarakat juga peduli ingin membenahi kondisi Sungai CIliwung, salah satu yang peduli adalah Komunitas Ciliwung Depok. Komunitas ini aktif di daerah Depok, Jawa Barat.

Komunitas Ciliwung Depok sudah terbentuk sejak tahun 2009. Tujuan dibentuknya komunitas ini adalah untuk melindungi dan merawat Sungai Ciliwung. Terbentuknya komunitas ini juga didorong karena adanya keresahan mengenai rusaknya ekosistem dan kondisi Ciliwung di bagian tengah, yaitu di Depok, Jawa Barat.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Karena tujuan inilah Taufiq DS, mendirikan Komunitas Ciliwung Depok. Selama delapan tahun berdiri, Komunitas Ciliwung Depok telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Dilansir dari Jakarta.tribunnews.com (7/11/2018), komunitas ini bisa Anda temui di bawah jembatan Jalan Boulevard Raya Grand Depok City, Depok, Jawa Barat.

Komunitas Ciliwung Depok

Komunitas ini rutin membersihkan sampah yang ada di Sungai CIliwung di kawasan Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kelurahan Tirtajaya, dan Kecamatan Sukmajaya. Komunitas Ciliwung Depok turut membersihkan sungai dalam rangka memperingati perayaan hari besar, seperti hari kemerdekaan dan hari peduli sampah nasional. Jumlah anggota komunitas ini mencapai 60 orang.

Namun saat kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung terlaksana, bukan hanya anggota yang turun langsung membersihkan sungai. Namun para relawan juga turut membantu, saat hari peduli sampah nasional pada Februari 2018 lalu, komunitas ini dibantu Depok Clean Action, My Trip My Adventure, Community Independent Pets, Plasma SMA 4 Depok, Pecinta Alam SMA 8 Depok, Mapala UI, Komunitas Pendaki Gunung Regional Depok, dan masih banyak yang lainnya.

[Baca Juga: Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil]

Bukan sekedar membenahi Sungai Ciliwung, komunitas ini juga aktif memberikan edukasi kepada warga sekitar bantaran sungai dan mengajarkan bercocok tanam di pinggir sungai. Aktivitas ini merupakan usaha untuk mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga Ciliwung serta mengubah pola pikIr masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.