DEPOK-KAWASAN-YUK MENJAGA SUNGAI CILIWUNG BERSAMA KOMUNITAS CILIWUNG DEPOK-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Yuk Jaga Sungai Bersama Komunitas Ciliwung Depok

Sungai Ciliwung atau Ci Liwung merupakan salah satu sungai penting di kawasan Jabodetabek. Sungai ini melintasi area Bogor, Depok, dan Jakarta. Sungai Ciliwung juga menjadi salah satu penyebab banjir tahunan Jakarta. Karena beragam masalahnya, tiga area ini berbondong-bondong melakukan berbagai macam cara untuk membenahi Sungai Ciliwung. Diharapkan pembenahan ini dapat berdampak baik untuk lingkungan di ketiga area tersebut. Beberapa masyarakat juga peduli ingin membenahi kondisi Sungai CIliwung, salah satu yang peduli adalah Komunitas Ciliwung Depok. Komunitas ini aktif di daerah Depok, Jawa Barat.

Komunitas Ciliwung Depok sudah terbentuk sejak tahun 2009. Tujuan dibentuknya komunitas ini adalah untuk melindungi dan merawat Sungai Ciliwung. Terbentuknya komunitas ini juga didorong karena adanya keresahan mengenai rusaknya ekosistem dan kondisi Ciliwung di bagian tengah, yaitu di Depok, Jawa Barat.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Karena tujuan inilah Taufiq DS, mendirikan Komunitas Ciliwung Depok. Selama delapan tahun berdiri, Komunitas Ciliwung Depok telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Dilansir dari Jakarta.tribunnews.com (7/11/2018), komunitas ini bisa Anda temui di bawah jembatan Jalan Boulevard Raya Grand Depok City, Depok, Jawa Barat.

Komunitas Ciliwung Depok

Komunitas ini rutin membersihkan sampah yang ada di Sungai CIliwung di kawasan Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kelurahan Tirtajaya, dan Kecamatan Sukmajaya. Komunitas Ciliwung Depok turut membersihkan sungai dalam rangka memperingati perayaan hari besar, seperti hari kemerdekaan dan hari peduli sampah nasional. Jumlah anggota komunitas ini mencapai 60 orang.

Namun saat kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung terlaksana, bukan hanya anggota yang turun langsung membersihkan sungai. Namun para relawan juga turut membantu, saat hari peduli sampah nasional pada Februari 2018 lalu, komunitas ini dibantu Depok Clean Action, My Trip My Adventure, Community Independent Pets, Plasma SMA 4 Depok, Pecinta Alam SMA 8 Depok, Mapala UI, Komunitas Pendaki Gunung Regional Depok, dan masih banyak yang lainnya.

[Baca Juga: Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil]

Bukan sekedar membenahi Sungai Ciliwung, komunitas ini juga aktif memberikan edukasi kepada warga sekitar bantaran sungai dan mengajarkan bercocok tanam di pinggir sungai. Aktivitas ini merupakan usaha untuk mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga Ciliwung serta mengubah pola pikIr masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Tambahan 17.900 Petak Makam untuk Februari

27 January 2021, 20:21

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan 17.900 petak makam yang akan siap pada Februari 2021 menyusul meningkatnya kasus aktif di Ibu Kota hingga pekan ini.

Pakan Lele Alternatif dari Enceng Gondok Keong Sawah dari Mahasiswa UNY

Pendidikan

Pakan Lele Alternatif dari Enceng Gondok & Keong Sawah dari Mahasiswa UNY

27 January 2021, 19:27

Penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta tersebut dilandasi keprihatinan mahalnya harga pakan lele buatan pabrik di pasaran.

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

Berita Kawasan

Awan Panas 3 Kilometer Gunung Merapi Buat Sejumlah Warga Sleman Mengungsi

27 January 2021, 18:26

Gunung Merapi mengeluarkan 36 kali awan panas guguran pada Rabu, 27 Januari 2021 pagi hingga siang hari dengan jarak luncur terjauh 3 kilometer.

Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia .jpg

Bisnis

Tiket.com Gandeng Kemenparefkraf Gercep Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia

27 January 2021, 17:21

Di tahun 2021 ini, Tiket.com umumkan dukungannya terhadap berbagai program Kemenparekraf dalam memulihkan sektor pariwisata Indonesia yang terkena imbas pandemi COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.