DEPOK-KAWASAN-YUK MENJAGA SUNGAI CILIWUNG BERSAMA KOMUNITAS CILIWUNG DEPOK-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

Berita Kawasan

Yuk Jaga Sungai Bersama Komunitas Ciliwung Depok

Sungai Ciliwung atau Ci Liwung merupakan salah satu sungai penting di kawasan Jabodetabek. Sungai ini melintasi area Bogor, Depok, dan Jakarta. Sungai Ciliwung juga menjadi salah satu penyebab banjir tahunan Jakarta. Karena beragam masalahnya, tiga area ini berbondong-bondong melakukan berbagai macam cara untuk membenahi Sungai Ciliwung. Diharapkan pembenahan ini dapat berdampak baik untuk lingkungan di ketiga area tersebut. Beberapa masyarakat juga peduli ingin membenahi kondisi Sungai CIliwung, salah satu yang peduli adalah Komunitas Ciliwung Depok. Komunitas ini aktif di daerah Depok, Jawa Barat.

Komunitas Ciliwung Depok sudah terbentuk sejak tahun 2009. Tujuan dibentuknya komunitas ini adalah untuk melindungi dan merawat Sungai Ciliwung. Terbentuknya komunitas ini juga didorong karena adanya keresahan mengenai rusaknya ekosistem dan kondisi Ciliwung di bagian tengah, yaitu di Depok, Jawa Barat.

[Baca Juga: Hutan Kota UI Sebagai Paru-Paru Kota Depok]

Karena tujuan inilah Taufiq DS, mendirikan Komunitas Ciliwung Depok. Selama delapan tahun berdiri, Komunitas Ciliwung Depok telah mendapatkan berbagai macam penghargaan. Dilansir dari Jakarta.tribunnews.com (7/11/2018), komunitas ini bisa Anda temui di bawah jembatan Jalan Boulevard Raya Grand Depok City, Depok, Jawa Barat.

Komunitas Ciliwung Depok

Komunitas ini rutin membersihkan sampah yang ada di Sungai CIliwung di kawasan Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kelurahan Tirtajaya, dan Kecamatan Sukmajaya. Komunitas Ciliwung Depok turut membersihkan sungai dalam rangka memperingati perayaan hari besar, seperti hari kemerdekaan dan hari peduli sampah nasional. Jumlah anggota komunitas ini mencapai 60 orang.

Namun saat kegiatan bersih-bersih Sungai Ciliwung terlaksana, bukan hanya anggota yang turun langsung membersihkan sungai. Namun para relawan juga turut membantu, saat hari peduli sampah nasional pada Februari 2018 lalu, komunitas ini dibantu Depok Clean Action, My Trip My Adventure, Community Independent Pets, Plasma SMA 4 Depok, Pecinta Alam SMA 8 Depok, Mapala UI, Komunitas Pendaki Gunung Regional Depok, dan masih banyak yang lainnya.

[Baca Juga: Komunitas Ini Edukasi Masyarakat Mengenai Hewan Reptil]

Bukan sekedar membenahi Sungai Ciliwung, komunitas ini juga aktif memberikan edukasi kepada warga sekitar bantaran sungai dan mengajarkan bercocok tanam di pinggir sungai. Aktivitas ini merupakan usaha untuk mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga Ciliwung serta mengubah pola pikIr masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat pembuangan sampah.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.