Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan

Berita Kawasan

Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan

Sumpitan adalah warisan masyarakat Dayak berupa senjata khas yang dulunya digunakan untuk berburu binatang dan alat pertahanan diri. Seiringnya waktu, sumpitan tidak lagi digunakan sebagai senjata tradisional, melainkan telah diangkat menjadi salah satu jenis permainan tradisional Kalimantan Barat sebagaimana dilansir warisanbudaya.kemdikbud.go.id (1/1/2010).

Tak hanya dimainkan masyarakat Kalimantan Barat, sumpitan juga dilombakan di Provinsi DKI Jakarta dalam Kejuaraan Olahraga Tradisional yang digelar pada 23 Juli 2019. Dalam permainan olahraga tradisional sumpitan, kegiatan utama permainan ini adalah menyumpit, yakni suatu keahlian membidik anak sumpitan ke suatu sasaran dengan menggunakan sebuah sumpitan.

Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan

Sebuah sumpitan terbuat dari kayu atau bambu dengan panjang 150-175 cm. Sedangkan untuk anak sumpitan terbuat dari bambu yang diraut halus hingga runcing dengan panjang sekitar 25 cm. Pada ujung sebuah sumpitan ada mata tombak.

[Baca Juga: Inilah Pemenang Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat DKI Jakarta]

Melansir budaya-indonesia.org (15/5/2019), permainan olahraga tradisional sumpitan biasanya dilakukan sendiri atau pun bersama-sama dalam bentuk pertandingan. Area bermain sumpitan biasanya di lapangan atau alam terbuka. Cara bermainnya cukup unik karena permainan olahraga tradisional ini membutuhkan keterampilan. Sehingga, permainan ini bermanfaat melatih keterampilan bila dimainkan anak-anak.

Jika dalam pertandingan, pemain akan menyumpit dengan jarak dan sasaran yang sudah disepakati. Untuk memainkannya, pemain memegang sumpit dengan kedua tangan pada pangkal sumpitan. Anak sumpit sebelumnya dimasukkan ke dalam kaliber sumpit (lubang di bagian tengah sebuah sumpitan yang biasanya sebesar pensil). Setelah itu, angkat sumpit dan arahkan ke sasaran.

[Baca Juga: Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor]

Mulut ditempelkan ke kaliber sumpit, dengan konsentrasi untuk menyiapkan udara sebanyak-banyak. Karena, keunikan permainan olahraga tradisional ini memang dilakukan dengan cara meniupkan ke kaliber sumpit agar anak sumpit terlepas dengan kencang menuju sasaran.

Sasaran dalam permainan sumpit biasanya seperti sasaran pada olahraga panahan. Dalam memainkan sumpitan, dibutuhkan kemampuan tangan untuk memegang sumpit agar tidak bergerak, kemahiran membidik agar anak sumpit menuju ke sasaran yang tepat, dan kemahiran meniup.


Read More

Artikel Lainnya

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonto n.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser 36 Tahun Kahitna Sukses Hadirkan 2 Tema yang Pukau Penonton

09 August 2022, 18:22

Dengan menghadirkan dua tema yang berbeda dalam konsernya yang dibagi menjadi dua sesi, fans Kahitna berhasil dipukau pada akhir pekan kemarin.

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi.jpg

Kesehatan

Pakar RSND Sebut ASI Merupakan Investasi untuk Bayi

09 August 2022, 15:20

Dokter spesialis anak di RSND Kota Semarang memaparkan mengapa pemberian ASI eksklusif dapat menjadi investasi bagi bayi Anda.

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Sura baya.jpg

Berita Kawasan

Jelang 17 Agustus, Ini Cara Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Surabaya

09 August 2022, 11:18

Walau perayaan HUT Kemerdekaan RI masih satu pekan lagi tapi suasana 17 Agustusan sudah mulai terlihat di Kota Surabaya dengan beberapa kegiatan.

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.


Comments


Please Login to leave a comment.