Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil

Kesehatan

Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil

Terdapat tiga penyakit menular yang dapat mudah ditularkan dari ibu kepada calon bayinya pada masa persalinan. Penyakit itu terdiri HIV, sifilis, dan hepatitis B yang risiko penularannya bisa mencapai angka puluhan persen. Demi memastikan kesehatan ibu hamil serta janinnya, Pemerintah Kota Tangerang pun mengadakan sosialisasi Skrining Triple Eliminasi terhadap tiga penyakit menular tersebut. Kegiatan sosialisasi yang berbentuk seminar itu diadakan pada 15 Agustus 2019 yang juga digelar dalam rangka menyambut HUT ke-74 RI.

Pada kegiatan Seminar dan Skrining Triple Eliminasi di Gedung MUI Kota Tangerang itu, turut hadir juga Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin. Pada pidatonya, ia menyebut, Triple Eliminasi merupakan salah satu masalah nasional yang memerlukan penanganan bersama secara komprehensif.

Pemkot Tangerang Sosialisasikan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil

“Saya berharap melalui seminar ini kita bisa memahami tentang gejala-gejala penyakit, karena lebih baik mencegah daripada mengobati,” ucap H. Sachrudin, sebagaimana dikutip dari tangerangkota.go.id (16/8/2019). Ia menambahkan, Pemkot Tangerang selalu memberikan upayanya untuk mencegah penularan HIV, sifilis, dan hepatitis B dari ibu ke bayi dan realisasinya melalui sosialisasi mengenai skrining triple eliminasi pada ibu hamil.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Membuat Kampung Keluarga Berencana]

Upaya tersebut memang dapat dipahami mengingat berdasarkan data dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, risiko penularan penyakit di triple eliminasi dari ibu ke anaknya masuk ke dalam kategori yang besar. Untuk HIV, risikonya adalah 20-45 persen. Sedangkan untuk sifilis adalah 69-80 persen dan hepatitis B berada di angka risiko lebih dari 90 persen.

Sekadar informasi, upaya untuk menghilangkan risiko penularan tiga penyakit ini biasanya dikenal dengan istilah Triple Eliminasi yang dilakukan sedini mungkin, biasanya pada ibu hamil, melalui proses skrining. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan No.52 Tahun 2017 terkait eliminasi penularan HIV, sifilis, dan hepatitis B dari ibu ke anaknya.

[Baca Juga: Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak dimulai Sejak Kehamilan]

Hal ini pun kembali diingatkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi yang turut hadir di Seminar dan Skrining Triple Eliminasi. Ia menjelaskan, masyarakat perlu tahu mengenai bahaya serta langkah pencegahan terhadap tiga penyakit yang mudah menular di masa kehamilan tersebut. “Kita harus antisipasi melalui pencegahan dini agar kita bisa meyakinkan para ibu bawa janin yang dikandungnya terbebas dari penyakit menular,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.