Warga Kembali Berburu Ikan di Sungai Ciliwung

Berita Kawasan

Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung

Keadaan Sungai Ciliwung yang kini semakin lama semakin baik, membuat warga mulai kembali berburu ikan di sungai tersebut. Ikan yang dulu populasinya menurun, telah kembali meningkat berkat kadar PH dalam sungai yang sudah bagus.

“Ikan yang dulu sudah tidak ada di sungai seperti baung, keping, sili, betot, keting, dan gabus bodo, sekarang sudah ada dan populasinya sudah meningkat,” tutur Pendiri sekaligus Ketua Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci) Usman Firdauz seperti dilansir dari selatan.jakarta.go.id (13/5/2019).

Usman mengatakan, komunitasnya serta masyarakat sekitar sering menemukan hewan-hewan air, terutama ikan asli Sungai Ciliwung yang dulunya tidak ada sekitar tahun 1980-2000an, dan telah kembali muncul di aliran sungai ini.

[Baca Juga: Pemanfaatan Sungai Ciliwung Sebagai Lahan Pertanian]

"Kembalinya ikan-ikan ini sudah sejak 2017 lalu. Kami bekerja sama dengan Universitas Indonesia, telah melakukan riset terkait hewan yang telah muncul serta kualitas airnya yang telah membaik. Dalam riset tersebut kadar PH air telah mencapai enam. Selain itu, sungai juga telah bersih dari sampah," paparnya.

Usman juga menjelaskan, komunitasnya dan warga, juga sering menemukan lobster air tawar dan udang sejak tahun lalu antara bulan Mei-Agustus, di saat debit air sungai menurun. “Warga sering mengambil lobster dan udang itu di antara celah bebatuan, saat air sungai sudah mulai surut,” ungkapnya.

[Baca Juga: Penataan Suryakencana, Taman Topi dan Naturalisasi Ciliwung Jadi Prioritas Utama]

Usman juga menambahkan, peran serta Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) dengan pihaknya dalam menjaga Kali Ciliwung, berdampak besar terhadap perubahan lingkungan sungai.

“Sungai Ciliwung telah pulih. Namun saat ini tinggal merawat. Kami sering dibantu Pemkot Jakarta Selatan mengedukasi warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak menjala, tidak boleh meracuni ikan, atau menyetrum. Hanya boleh memancing atau menangkap dengan tangan,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  2 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  6 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  5 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.