Makanan yang Turunkan Darah Tinggi.jpg

Kesehatan

4 Makanan yang Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Seperti diketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat memicu berbagai macam penyakit salah satunya stroke.

Mengatasi hipertensi dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh memang susah-susah gampang. Apalagi untuk Anda yang mempunyai kebiasaan banyak makan dan ngemil. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya bukan? Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan hipertensi. Ini dia beberapa diantaranya seperti dikutip dari Times of India (28/1/2019).

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Makan Dark Chocolate Bisa Turunkan Darah Tinggi

1. Dark Chocolate

Menurut penelitian studi Harvard yang dilansir dari Aarp.org (28/1/2019), mengonsumsi 25-30 kalori dari dark chocolate per hari dapat menurunkan tingkat tekanan darah menjadi lebih stabil. Hal ini karena dark chocolate mempunyai kandungan flavanol, jenis antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu menurunkan tekanan darah.

Makan Tomat Bisa Turunkan Darah Tinggi

2. Tomat

Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi di Australia menunjukkan, dengan mengonsumsi 25 mg lycopene dalam diet setiap hari, kadar kolesterol jahat hingga 10 persen yang berefek juga pada tekanan darah yang lebih stabil. Anda bisa mengonsumsi tomat dengan cara dimakan segar, dibuat jus, sebagai saus pasta atau dijadikan sup. Perlu diketahui, 25 mg lycopene bisa didapatkan dari setengah cangkir pasta tomat atau jus tomat.

Makan Bayam Bisa Turunkan Darah Tinggi

3. Bayam

Bayam kaya akan magnesium dan kalium. Dua jenis mineral ini berperan penting menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. Jadi, tambahkan sayuran hijau ini pada makanan Anda agar lebih sehat dan tekanan darah tetap terjaga.

[Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Kopi Hijau]

Minum Susu Skim Bisa Turunkan Darah Tinggi

4. Susu Skim

Susu skim atau lebih dikenal dengan susu rendah lemak kaya akan magnesium, kalium, dan Vitamin D. Komposisi dari tiga nutrisi itu dapat membuat tubuh lebih sehat karena dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu karena rendah lemak, aman juga dikonsumsi bagi Anda yang berniat menurunkan berat badan.

Jika Anda mengalami efek negatif pada tubuh setelah mengonsumsi empat makan di atas, ada baiknya Anda mengunjungi medis terdekat. Anda harus hati-hati dalam melangkah karena gejala tekanan darah tinggi Anda tak bisa diukur dan merupakan bisa menjadi penyebab stroke.

Read More

Artikel Lainnya

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

Berita Kawasan

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

10 April 2020, 08:00

Pemkot Surabaya memahami bahwa wabah COVID-19 kian menambah beban masyarakat. Sebanyak 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah dibebaskan retribusi PDAM.

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.


Comments


Please Login to leave a comment.