Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun

Kesehatan

Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun

Merasa kelelahan setelah melakukan kegiatan seharian merupakan hal yang wajar. Namun bila kelelahan itu terjadi terus-menerus dan sangat ekstrim, patut diwaspadai. Bisa jadi, kondisi tersebut merupakan gejala penyakit autoimun.

Kondisi ini pula yang menyebabkan meninggalnya ibunda dari penyanyi dan artis peran kenamaan Mikha Tambayong beberapa waktu lalu. Lalu, apakah penyakit autoimun itu?

[Baca Juga: IAPI Edukasi Penyakit Patologi kepada Masyarakat]

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sendiri. Penyakit ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam menilai sel sehat yang ada dalam tubuh dan menganggapnya sebagai zat asing.

Akibatnya, seperti dikutip dari laman Siloam Hospitals (13/3/2019), tubuh mulai memproduksi antibodi yang akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh tersebut. Penyakit autoimun umumnya lebih banyak menyerang wanita usia produktif.

[Baca Juga: Prodia Gunakan Terobosan Baru Sistem Automasi Laboratorium]

Faktor penyebabnya dapat berbeda antara satu penderita dengan yang lainnya. Bahayanya, penyakit autoimun ini bisa mengakibatkan kerusakan sel jaringan dalam tubuh dan menimbulkan peradangan serta mengakibatkan kondisi yang serius pada penderitanya, seperti gangguan pada tulang persendian, saraf kelenjar, dan organ penting lain.

Gejala penyakit autoimun yang dirasakan penderita bisa ringan dan bisa juga parah tergantung pada kondisi tubuh. Namun demikian, terdapat sejumlah gejala sama yang dirasakan penderita penyakit langka dan unik ini, seperti lelah berlebihan dan berkepanjangan (fatigue).

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Selain itu, kesemutan pada tangan dan kaki, nyeri di sekujur tubuh, sering terserang sariawan, rontok parah pada rambut, brain fog (otak seperti tertutup kabut sehingga sulit berkonsentrasi, hilang memori dan fokus saat sedang beraktivitas), serta ruam pada kulit (contohnya muncul ruam berbentuk kupu-kupu pada pipi).

Hingga saat ini, penyakit autoimun merupakan penyakit yang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dikendalikan. Bila menemukan gejala tersebut, maka untuk mengendalikannya harus berada dalam perawatan spesialis.

Selain itu, jika memang merasakan beberapa gejala penyakit autoimun seperti di atas, segara kunjungi dokter. Jangan menunda karena pemeriksaan sedini mungkin dapat membantu kesembuhan penderita.

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  15 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.