Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun

Kesehatan

Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun

Merasa kelelahan setelah melakukan kegiatan seharian merupakan hal yang wajar. Namun bila kelelahan itu terjadi terus-menerus dan sangat ekstrim, patut diwaspadai. Bisa jadi, kondisi tersebut merupakan gejala penyakit autoimun.

Kondisi ini pula yang menyebabkan meninggalnya ibunda dari penyanyi dan artis peran kenamaan Mikha Tambayong beberapa waktu lalu. Lalu, apakah penyakit autoimun itu?

[Baca Juga: IAPI Edukasi Penyakit Patologi kepada Masyarakat]

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sendiri. Penyakit ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam menilai sel sehat yang ada dalam tubuh dan menganggapnya sebagai zat asing.

Akibatnya, seperti dikutip dari laman Siloam Hospitals (13/3/2019), tubuh mulai memproduksi antibodi yang akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh tersebut. Penyakit autoimun umumnya lebih banyak menyerang wanita usia produktif.

[Baca Juga: Prodia Gunakan Terobosan Baru Sistem Automasi Laboratorium]

Faktor penyebabnya dapat berbeda antara satu penderita dengan yang lainnya. Bahayanya, penyakit autoimun ini bisa mengakibatkan kerusakan sel jaringan dalam tubuh dan menimbulkan peradangan serta mengakibatkan kondisi yang serius pada penderitanya, seperti gangguan pada tulang persendian, saraf kelenjar, dan organ penting lain.

Gejala penyakit autoimun yang dirasakan penderita bisa ringan dan bisa juga parah tergantung pada kondisi tubuh. Namun demikian, terdapat sejumlah gejala sama yang dirasakan penderita penyakit langka dan unik ini, seperti lelah berlebihan dan berkepanjangan (fatigue).

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Selain itu, kesemutan pada tangan dan kaki, nyeri di sekujur tubuh, sering terserang sariawan, rontok parah pada rambut, brain fog (otak seperti tertutup kabut sehingga sulit berkonsentrasi, hilang memori dan fokus saat sedang beraktivitas), serta ruam pada kulit (contohnya muncul ruam berbentuk kupu-kupu pada pipi).

Hingga saat ini, penyakit autoimun merupakan penyakit yang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dikendalikan. Bila menemukan gejala tersebut, maka untuk mengendalikannya harus berada dalam perawatan spesialis.

Selain itu, jika memang merasakan beberapa gejala penyakit autoimun seperti di atas, segara kunjungi dokter. Jangan menunda karena pemeriksaan sedini mungkin dapat membantu kesembuhan penderita.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi-Kapulaga-Sumut-Tetap-Melesat-6.jpg

Berita Kawasan

Ekspor Kapulaga Sumatera Utara Tetap Melesat di Masa Pandemi

14 July 2020, 20:00

Jumlah ekspor kapulaga tetap meningkat meskipun sedang masa pembatasan akibat pandemi COVID-19. Hal ini tak terlepas dari kualitas yang dihasilkan.

Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

14 July 2020, 19:00

Film dokumenter ini bakal tayang di acara Indonesia Canada Congress pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 2020 di Kanada.

toba-unesco-2.jpg

Berita Kawasan

Danau Toba Resmi Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark

14 July 2020, 18:00

Danau Toba yang menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas telah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO.

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru.jpg

Pendidikan

Pemkot Medan Gandeng Stikes Senior untuk Sosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru

14 July 2020, 17:00

Melalui sosialisasi mengenai Perwal adaptasi kebiasaan baru, Pemkot Medan berharap Stikes Senior dapat menjadi influencer new normal.


Comments


Please Login to leave a comment.