Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun

Kesehatan

Kenali dan Pahami Gejala Penyakit Autoimun

Merasa kelelahan setelah melakukan kegiatan seharian merupakan hal yang wajar. Namun bila kelelahan itu terjadi terus-menerus dan sangat ekstrim, patut diwaspadai. Bisa jadi, kondisi tersebut merupakan gejala penyakit autoimun.

Kondisi ini pula yang menyebabkan meninggalnya ibunda dari penyanyi dan artis peran kenamaan Mikha Tambayong beberapa waktu lalu. Lalu, apakah penyakit autoimun itu?

[Baca Juga: IAPI Edukasi Penyakit Patologi kepada Masyarakat]

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sendiri. Penyakit ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam menilai sel sehat yang ada dalam tubuh dan menganggapnya sebagai zat asing.

Akibatnya, seperti dikutip dari laman Siloam Hospitals (13/3/2019), tubuh mulai memproduksi antibodi yang akan menyerang dan merusak sel sehat dalam tubuh tersebut. Penyakit autoimun umumnya lebih banyak menyerang wanita usia produktif.

[Baca Juga: Prodia Gunakan Terobosan Baru Sistem Automasi Laboratorium]

Faktor penyebabnya dapat berbeda antara satu penderita dengan yang lainnya. Bahayanya, penyakit autoimun ini bisa mengakibatkan kerusakan sel jaringan dalam tubuh dan menimbulkan peradangan serta mengakibatkan kondisi yang serius pada penderitanya, seperti gangguan pada tulang persendian, saraf kelenjar, dan organ penting lain.

Gejala penyakit autoimun yang dirasakan penderita bisa ringan dan bisa juga parah tergantung pada kondisi tubuh. Namun demikian, terdapat sejumlah gejala sama yang dirasakan penderita penyakit langka dan unik ini, seperti lelah berlebihan dan berkepanjangan (fatigue).

[Baca Juga: Kampanye Deteksi Kanker Sejak Dini YKI Depok Ke Sekolah]

Selain itu, kesemutan pada tangan dan kaki, nyeri di sekujur tubuh, sering terserang sariawan, rontok parah pada rambut, brain fog (otak seperti tertutup kabut sehingga sulit berkonsentrasi, hilang memori dan fokus saat sedang beraktivitas), serta ruam pada kulit (contohnya muncul ruam berbentuk kupu-kupu pada pipi).

Hingga saat ini, penyakit autoimun merupakan penyakit yang tidak bisa dicegah. Akan tetapi, bukan berarti penyakit ini tidak bisa dikendalikan. Bila menemukan gejala tersebut, maka untuk mengendalikannya harus berada dalam perawatan spesialis.

Selain itu, jika memang merasakan beberapa gejala penyakit autoimun seperti di atas, segara kunjungi dokter. Jangan menunda karena pemeriksaan sedini mungkin dapat membantu kesembuhan penderita.


Read More

Artikel Lainnya

Hemat dan Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

Kesehatan

Hemat & Ramah Lingkungan, Begini Cara Gunakan Ulang Masker KN95 atau N95

28 January 2022, 16:07

Lindungi diri dengan masker KF94, N95, dan KN95 berkualitas lebih tinggi, yang menampilkan beberapa lapisan penyaringan.

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indom aret.jpg

Bisnis

Wow! Produk UMKM Jakarta Selatan Akan Dijajakan di Indomaret

28 January 2022, 15:07

Saat ini Pemkot Jakarta Selatan tengah melakukan kurasi terhadap produk UMKM di wilayahnya untuk mencari mana yang layak untuk dijual di mini market Indomaret.

Feng Shui Secara Logika

Properti dan Solusi

Datangkan Keberuntungan, Begini Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

28 January 2022, 14:05

Anda dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dengan menyeimbangkan lima elemen Feng Shui.

Pakar Genetik UGM Gejala Omicron Tidak Jinak .jpg

Kesehatan

Pakar Genetik UGM: Gejala Omicron Tidak Jinak!

28 January 2022, 13:01

Menurut pakar genetik di UGM, masyarakat tidak bisa terus berasumsi bahwa Omicron gejalanya tidak berat, karena menurutnya penyakit ini bersifat tidak jinak.


Comments


Please Login to leave a comment.