3 Penyebab Bintik Merah di Mata yang Harus Anda Ketahui

Kesehatan

3 Penyebab Bintik Merah di Mata yang Harus Anda Ketahui

Anda bahkan mungkin tidak tahu kalau ada bintik merah di mata, sampai teman atau keluarga menanyakannya. Bintik merah di mana ini dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan Anda. Ada beberapa penyebab yang memunculkan bintik merah di mata. Apa saja penyebabnya dan haruskah Anda khawatir?

Tanda-tanda itu disebut perdarahan subconjunctival, dan tidak seperti mata merah, mereka hanya memengaruhi sebagian kecil dari mata, meninggalkan sisa bola mata tetap putih.

[Baca Juga: Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda]

Bisa saja kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi untuk beberapa alasan, Anda tetap bisa memeriksakannya. Apalagi jika kemudian seluruh mata ikut memerah. Pelajari tentang penyebab mata merah dan cara memperbaikinya seperti yang dirangkum PingPoint.co.id dari rd.com (9/4/2019).

1. Akibat Bersin atau Batuk

Bintik merah pada mata mungkin memiliki penyebab yang sama sekali tidak berhubungan dengan mata Anda: bersin atau batuk. "Tekanan darah di kepala meningkat secara drastis tetapi sangat sementara," kata Presiden American Optometric Association Samuel D. Pierce, OD. Selama lonjakan tekanan darah itu, pembuluh darah kecil di mata Anda bisa membesar dan membiarkan sedikit darah keluar. Hasil? Sedikit genangan darah di mata Anda. Ini pada dasarnya hal yang sama dengan memar, tetapi karena tidak tertutup kulit, warnanya tidak menjadi keunguan.

[Baca Juga: Hindari dan Lawan Alergi Makanan dengan Cara Ini]

2. Trauma Pada Mata

Dalam kasus perdarahan subconjunctival lain, bintik merah pada mata mungkin muncul karena trauma pada mata itu sendiri, seperti jika Anda menggosok mata terlalu keras. “Seringkali kata yang kita gunakan idiopatik, yang berarti kita tidak bisa mencari tahu mengapa itu terjadi,” kata Dr. Pierce. "Itu bisa berupa trauma, tetapi kamu menggosok matamu dalam tidurmu, jadi kamu tidak memiliki ingatan." Anda perlu waspada, ini adalah hal lain yang bisa terjadi jika terus menggosok mata.

3. Karena Alergi

Alergi bisa menjadi penyebab ganda dalam menyebabkan perdarahan subkonjungtiva karena Anda sering bersin dan menggosok mata. Jika Anda berada dalam ruangan dengan sirkulasi yang buruk; atau menderita diabetes; atau tekanan darah tinggi misalnya; kemungkin untuk munculnya bintik merah pada mata mungkin bisa lebih besar.

[Baca Juga: Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Tubuh Anda]

Dalam sebagian besar kasus, bintik merah pada mata Anda tidak perlu dikhawatirkan, tetapi masih layak untuk memeriksanya. Selain tiga hal yang disebutkan di atas, menurut Dr. Pierce bintik-bintik itu bisa menjadi sinyal masalah serius seperti tekanan darah tinggi, gangguan perdarahan, atau kanker sel plasma, kata.

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membuat bintik merah menghilang lebih cepat, tetapi tetes mata vasokonstriktor yang dijual bebas dapat menjaga agar bintik tersebut tidak bertambah besar. Setelah sekitar dua minggu, bintik merah pada mata Anda biasanya akan hilang.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

Pendidikan

Ada Banyak Cara untuk Melancarkan Bahasa Inggris

24 January 2021, 19:04

Pernahkah Anda merasa tidak lancar berbahasa Inggris meskipun sudah belajar bertahun-tahun? Lalu bagiamana, sih, supaya fasih?

Krim Mata Terbaik Menurut Dermatolog

Kecantikan dan Fashion

Pilihan Krim Mata Terbaik Menurut Dermatolog

24 January 2021, 15:07

Cek apakah krim mata yang Anda pakai mengandung bahan-bahan yang direkomendasikan dermatolog berikut. Jika iya, krim itu mampu meminimalkan garis halus dan kerutan.

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

Berita Kawasan

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

24 January 2021, 10:08

Saat masuk, warga akan langsung disambut deretan kursi yang telah diatur secara berjarak saat pembagian angpau di kelenteng Tay Kak Sie.

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 4 weeks, 1 day lalu
    anisa

    QQHarian Best Betting Online Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Kuyy Gabung & Dapatkan BONUS ABSEN WEEKLY / MINGGUAN Serta Klaim Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ) Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah = <<<>>> https://biolinky.co/linkpromo <<<<>>>> https://www.facebook.com/SlotOnline3/ <<<<<>>>>> https://www.facebook.com/groups/2771669423067393/

  • Octavia 1 year, 1 month lalu
    octavia

    Yuks bergabung dengan dupa88, Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan