3 Penyebab Bintik Merah di Mata yang Harus Anda Ketahui

Kesehatan

3 Penyebab Bintik Merah di Mata yang Harus Anda Ketahui

Anda bahkan mungkin tidak tahu kalau ada bintik merah di mata, sampai teman atau keluarga menanyakannya. Bintik merah di mana ini dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan Anda. Ada beberapa penyebab yang memunculkan bintik merah di mata. Apa saja penyebabnya dan haruskah Anda khawatir?

Tanda-tanda itu disebut perdarahan subconjunctival, dan tidak seperti mata merah, mereka hanya memengaruhi sebagian kecil dari mata, meninggalkan sisa bola mata tetap putih.

[Baca Juga: Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda]

Bisa saja kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi untuk beberapa alasan, Anda tetap bisa memeriksakannya. Apalagi jika kemudian seluruh mata ikut memerah. Pelajari tentang penyebab mata merah dan cara memperbaikinya seperti yang dirangkum PingPoint.co.id dari rd.com (9/4/2019).

1. Akibat Bersin atau Batuk

Bintik merah pada mata mungkin memiliki penyebab yang sama sekali tidak berhubungan dengan mata Anda: bersin atau batuk. "Tekanan darah di kepala meningkat secara drastis tetapi sangat sementara," kata Presiden American Optometric Association Samuel D. Pierce, OD. Selama lonjakan tekanan darah itu, pembuluh darah kecil di mata Anda bisa membesar dan membiarkan sedikit darah keluar. Hasil? Sedikit genangan darah di mata Anda. Ini pada dasarnya hal yang sama dengan memar, tetapi karena tidak tertutup kulit, warnanya tidak menjadi keunguan.

[Baca Juga: Hindari dan Lawan Alergi Makanan dengan Cara Ini]

2. Trauma Pada Mata

Dalam kasus perdarahan subconjunctival lain, bintik merah pada mata mungkin muncul karena trauma pada mata itu sendiri, seperti jika Anda menggosok mata terlalu keras. “Seringkali kata yang kita gunakan idiopatik, yang berarti kita tidak bisa mencari tahu mengapa itu terjadi,” kata Dr. Pierce. "Itu bisa berupa trauma, tetapi kamu menggosok matamu dalam tidurmu, jadi kamu tidak memiliki ingatan." Anda perlu waspada, ini adalah hal lain yang bisa terjadi jika terus menggosok mata.

3. Karena Alergi

Alergi bisa menjadi penyebab ganda dalam menyebabkan perdarahan subkonjungtiva karena Anda sering bersin dan menggosok mata. Jika Anda berada dalam ruangan dengan sirkulasi yang buruk; atau menderita diabetes; atau tekanan darah tinggi misalnya; kemungkin untuk munculnya bintik merah pada mata mungkin bisa lebih besar.

[Baca Juga: Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Tubuh Anda]

Dalam sebagian besar kasus, bintik merah pada mata Anda tidak perlu dikhawatirkan, tetapi masih layak untuk memeriksanya. Selain tiga hal yang disebutkan di atas, menurut Dr. Pierce bintik-bintik itu bisa menjadi sinyal masalah serius seperti tekanan darah tinggi, gangguan perdarahan, atau kanker sel plasma, kata.

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membuat bintik merah menghilang lebih cepat, tetapi tetes mata vasokonstriktor yang dijual bebas dapat menjaga agar bintik tersebut tidak bertambah besar. Setelah sekitar dua minggu, bintik merah pada mata Anda biasanya akan hilang.

Read More

Artikel Lainnya

4 Pilihan Sabun Natural Lokal yang Cantik dan Instagrammable

Kecantikan dan Fashion

4 Pilihan Sabun Natural Lokal yang Cantik dan Instagrammable

15 November 2019, 16:00

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, menggunakan produk yang berbahan dasar natural tentu lebih aman. Ini pilihan yang bisa Anda coba.

Metode Bank Sampah Kumala Jadi Percontohan Negara Filipina

Berita Kawasan

Metode Bank Sampah Kumala Jadi Percontohan Negara Filipina

15 November 2019, 14:00

Perwakilan dari negara Filipina berkunjung ke Bank Sampah Kumala untuk melihat metode pemberdayaan yang diterapkan di sini.

Kiat Makan di Restoran AYCE Agar Bisa Coba Semua Menunya

Kuliner

Kiat Makan di Restoran AYCE Agar Bisa Coba Semua Menunya

15 November 2019, 12:00

Makan di restoran AYCE bisa lebih maksimal jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik dengan cara berikut ini.

Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

Berita Kawasan

Aplikasi Alpukat Mudahkan Warga Urus Dokumen Kependudukan

15 November 2019, 11:00

Aplikasi Alpukat mudahkan warga agar selalu sadar mengurus dokumen kependudukan, seperti pembuatan Akta Lahir, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan konsultasi tentang kependudukan


Comments


Please Login to leave a comment.