3 Penyebab Bintik Merah di Mata yang Harus Anda Ketahui

Kesehatan

3 Penyebab Bintik Merah di Mata yang Harus Anda Ketahui

Anda bahkan mungkin tidak tahu kalau ada bintik merah di mata, sampai teman atau keluarga menanyakannya. Bintik merah di mana ini dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan Anda. Ada beberapa penyebab yang memunculkan bintik merah di mata. Apa saja penyebabnya dan haruskah Anda khawatir?

Tanda-tanda itu disebut perdarahan subconjunctival, dan tidak seperti mata merah, mereka hanya memengaruhi sebagian kecil dari mata, meninggalkan sisa bola mata tetap putih.

[Baca Juga: Inilah 8 Alasan Penyebab Mata Panda]

Bisa saja kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, tetapi untuk beberapa alasan, Anda tetap bisa memeriksakannya. Apalagi jika kemudian seluruh mata ikut memerah. Pelajari tentang penyebab mata merah dan cara memperbaikinya seperti yang dirangkum PingPoint.co.id dari rd.com (9/4/2019).

1. Akibat Bersin atau Batuk

Bintik merah pada mata mungkin memiliki penyebab yang sama sekali tidak berhubungan dengan mata Anda: bersin atau batuk. "Tekanan darah di kepala meningkat secara drastis tetapi sangat sementara," kata Presiden American Optometric Association Samuel D. Pierce, OD. Selama lonjakan tekanan darah itu, pembuluh darah kecil di mata Anda bisa membesar dan membiarkan sedikit darah keluar. Hasil? Sedikit genangan darah di mata Anda. Ini pada dasarnya hal yang sama dengan memar, tetapi karena tidak tertutup kulit, warnanya tidak menjadi keunguan.

[Baca Juga: Hindari dan Lawan Alergi Makanan dengan Cara Ini]

2. Trauma Pada Mata

Dalam kasus perdarahan subconjunctival lain, bintik merah pada mata mungkin muncul karena trauma pada mata itu sendiri, seperti jika Anda menggosok mata terlalu keras. “Seringkali kata yang kita gunakan idiopatik, yang berarti kita tidak bisa mencari tahu mengapa itu terjadi,” kata Dr. Pierce. "Itu bisa berupa trauma, tetapi kamu menggosok matamu dalam tidurmu, jadi kamu tidak memiliki ingatan." Anda perlu waspada, ini adalah hal lain yang bisa terjadi jika terus menggosok mata.

3. Karena Alergi

Alergi bisa menjadi penyebab ganda dalam menyebabkan perdarahan subkonjungtiva karena Anda sering bersin dan menggosok mata. Jika Anda berada dalam ruangan dengan sirkulasi yang buruk; atau menderita diabetes; atau tekanan darah tinggi misalnya; kemungkin untuk munculnya bintik merah pada mata mungkin bisa lebih besar.

[Baca Juga: Ini Bahaya Polusi Udara Terhadap Tubuh Anda]

Dalam sebagian besar kasus, bintik merah pada mata Anda tidak perlu dikhawatirkan, tetapi masih layak untuk memeriksanya. Selain tiga hal yang disebutkan di atas, menurut Dr. Pierce bintik-bintik itu bisa menjadi sinyal masalah serius seperti tekanan darah tinggi, gangguan perdarahan, atau kanker sel plasma, kata.

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk membuat bintik merah menghilang lebih cepat, tetapi tetes mata vasokonstriktor yang dijual bebas dapat menjaga agar bintik tersebut tidak bertambah besar. Setelah sekitar dua minggu, bintik merah pada mata Anda biasanya akan hilang.


Read More

Artikel Lainnya

filkop.jpg

Kuliner

Ngopi Tenang dan Nyaman, Filosofi Kopi Kini Hadir di Bandung

23 October 2021, 09:08

Filosofi Kopi memang dirintis untuk memberdayakan kopi Nusantara yang luar biasa, sehingga dalam penyajiannya Filosofi Kopi menggunakan biji-biji kopi asli Indonesia.

Abu Kautsar 2.jpg

Pendidikan

Ponpes Tahfidz Al-Qur’an Zain Abu Kautsar di Tengah Kesejukan Pegunungan

23 October 2021, 08:07

Pondok Pesantren yang berada di Kaki Gunung Van der Man ini menjadi satu di antara tiga Lembaga Pendidikan Islam yang berada di sekitar gunung di Kota Batu.

Basecamp Arjuno  2.jpg

Hobi dan Hiburan

Opsi Jalur Pendakian Cangar, Kunjungi Dulu Basecamp Arjuno-Welirang

22 October 2021, 06:04

Jalur Cangar untuk menuju puncak Gunung Arjuno menjadi salah satu spot yang banyak diminati oleh pendaki.

Jamur 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Bekas Pabrik Jamur di Sumber Brantas Jadi Spot Foto Instagramable

22 October 2021, 20:04

Seperti sebuah lukisan urban tentang kota yang ditinggalkan penduduknya, bangunan pabrik jamur yang berbentuk kubah itu berbaris secara seri.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Samir 2 months, 3 weeks lalu
    samir

    Apakah Anda mencari investor untuk memulai? Seorang investor swasta yang ingin berinvestasi di Real Estate, Pertanian, Sektor Minyak & Gas, Hotel, Transportasi, Layanan Komunikasi, Spekulasi Saham, Konstruksi Pertambangan, dan Perdagangan dan banyak lagi. Jika Anda tertarik hubungi kami segera, hanya serius berpikiran bisnis. austinbetel@yahoo.com

  • Anisa 10 months lalu
    anisa

    QQHarian Best Betting Online Transaksi Cepat , Aman & Nyaman. Hadir Dengan berbagai Provider Ternama. Kuyy Gabung & Dapatkan BONUS ABSEN WEEKLY / MINGGUAN Serta Klaim Promo menarik lainnya dari QQHarian. Proses DP / WD Cepat & Aman ( Maks. 3 Menit ) Info lanjut QQHarian Buka Link Di Bawah = <<<>>> https://biolinky.co/linkpromo <<<<>>>> https://www.facebook.com/SlotOnline3/ <<<<<>>>>> https://www.facebook.com/groups/2771669423067393/

  • Octavia 1 year, 10 months lalu
    octavia

    Yuks bergabung dengan dupa88, Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan