Obat Alami Sariawan.jpg

Kesehatan

Ini 4 Cara Alami Obati Sariawan

Sariawan seringkali muncul pada gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Penyebab sariawan biasanya karena daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Namun, trauma pada jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan, seperti lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika Anda menyikat gigi terlalu cepat atau terlalu keras hingga melukai gusi.

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Siapapun dapat mengalami sariawan, mulai dari anak hingga dewasa. Rasa perih karena sariawan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, mengurangi nafsu makan dan terkadang mengakibatkan sulit untuk berbicara. Sariawan biasanya akan hilang dan sembuh sekitar 10-14 hari. Bila Anda ingin segera mengobati sariawan lebih cepat, Anda bisa mengobati sariawan dengan 4 cara alami berikut yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (8/2/2019).

  • Madu

Madu bisa menjadi pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh dengan cara oleskan madu diatas sariawan Anda. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh Chamomile yang harus didinginkan sebelum diminum. Madu bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan karena madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

  • Air Garam

Anda bisa meredakan sariawan tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan garam satu setengah sendok teh ke dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata dan kumur selama 1-2 menit. Anda bisa kumur dengan air garam setidaknya sehari tiga kali sampai sariawan terlihat mengempis. Garam memiliki sifat yang sama seperti madu sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga bermanfaat untuk mencegah infeksi pada mulut.

  • Kelapa

Kelapa mampu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Cara menggunakan kelapa menjadi obat sariawan adalah campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada luka sariawan Anda. Gunakan cara tersebut sebanyak 3-4 kali sehari hingga sariawan terlihat mengecil.

  • Es Batu

Cara mengobati sariawan secara alami lainnya dapat Anda lakukan dengan mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Dingin yang didapat dari es batu dapat mematikan rasa perih sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena sariawan. Namun, es batu tidak bisa langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa dilelehkan permukaannya sedikit terlebih dahulu.

[Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh]

Bila sariawan Anda tidak kunjung sembuh setelah diobati dengan cara alami, Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptic atau antibiotik untuk membunuh bakteri di sekitar luka dan konsumsi vitamin B-12 untuk mendukung atasi sariawan dengan praktis dan cepat. Bila semua cara tersebut tidak berhasil dalam jangka waktu lebih dari 14 hari, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.

Read More

Artikel Lainnya

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

Hobi dan Hiburan

Pandemi Menjadi Berkah, Guru-guru Gokil Jadi Bisa Ditonton di 190 Negara

15 July 2020, 20:00

Tidak bisa tayang di bioskop membuat film Guru-guru Gokil yang diproduseri Dian Sastrowardoyo mendapatkan kesempatan penayangan global sebagai Film Netflix Original.

Setengah Tahun Ini Lagu Penutup Album Menari dengan Bayangan Rilis Kala Pandemi

Hobi dan Hiburan

Hindia Tuntaskan Album Menari dengan Bayangan dengan Lagu Setengah Tahun Ini

15 July 2020, 19:00

Tentunya lagu yang diciptakan kala pandemi ini bercerita tetang setengah tahun awal dari 2020 di mata seorang Baskara Putra. Lagu penutup album pertama Hindia ini merangkum semuanya.

rapid test lion air.jpg

Bisnis

Kemudahan Layanan Rapid Test COVID-19 Lion Air Group Jangkau Semarang dan Kendal

15 July 2020, 18:00

Layanan Lion Air Group ini menawarkan kemudahan bagi penumpang dalam mempersiapkan dan melengkapi persyaratan dokumen perjalanan udara.

PEN_UMKM_Bogor_1.jpg

Bisnis

Bank Mandiri Siapkan Dana Sebesar Rp3,5 Miliar Guna Pelaku UMKM di Bogor

15 July 2020, 17:00

Bank Mandiri telah menyiapkan rencana penyaluran dana kredit produktif kepada sepuluh debitur UMKM di wilayah Bogor.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 3 months, 2 weeks lalu
    rine

    ayo kunjungi qqharian.club ,banyak promo dan bonus menarik menanti anda