Obat Alami Sariawan.jpg

Kesehatan

Ini 4 Cara Alami Obati Sariawan

Sariawan seringkali muncul pada gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Penyebab sariawan biasanya karena daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Namun, trauma pada jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan, seperti lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika Anda menyikat gigi terlalu cepat atau terlalu keras hingga melukai gusi.

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Siapapun dapat mengalami sariawan, mulai dari anak hingga dewasa. Rasa perih karena sariawan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, mengurangi nafsu makan dan terkadang mengakibatkan sulit untuk berbicara. Sariawan biasanya akan hilang dan sembuh sekitar 10-14 hari. Bila Anda ingin segera mengobati sariawan lebih cepat, Anda bisa mengobati sariawan dengan 4 cara alami berikut yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (8/2/2019).

  • Madu

Madu bisa menjadi pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh dengan cara oleskan madu diatas sariawan Anda. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh Chamomile yang harus didinginkan sebelum diminum. Madu bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan karena madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

  • Air Garam

Anda bisa meredakan sariawan tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan garam satu setengah sendok teh ke dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata dan kumur selama 1-2 menit. Anda bisa kumur dengan air garam setidaknya sehari tiga kali sampai sariawan terlihat mengempis. Garam memiliki sifat yang sama seperti madu sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga bermanfaat untuk mencegah infeksi pada mulut.

  • Kelapa

Kelapa mampu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Cara menggunakan kelapa menjadi obat sariawan adalah campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada luka sariawan Anda. Gunakan cara tersebut sebanyak 3-4 kali sehari hingga sariawan terlihat mengecil.

  • Es Batu

Cara mengobati sariawan secara alami lainnya dapat Anda lakukan dengan mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Dingin yang didapat dari es batu dapat mematikan rasa perih sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena sariawan. Namun, es batu tidak bisa langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa dilelehkan permukaannya sedikit terlebih dahulu.

[Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh]

Bila sariawan Anda tidak kunjung sembuh setelah diobati dengan cara alami, Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptic atau antibiotik untuk membunuh bakteri di sekitar luka dan konsumsi vitamin B-12 untuk mendukung atasi sariawan dengan praktis dan cepat. Bila semua cara tersebut tidak berhasil dalam jangka waktu lebih dari 14 hari, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.

Read More

Artikel Lainnya

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

Kecantikan dan Fashion

Suntik Kromosom Untuk Kulit Lebih Ideal

15 September 2019, 19:00  |  15 Views

Sekarang ini, kecantikan bukan hanya sebagai kebutuhan tambahan saja, tetapi menjadi sebuah keharusan yang dirawat secara rutin. Salah satunya adalah suntik kromosom.

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

Berita Kawasan

Kurangi Polusi Udara di Jakarta dengan Memakai Bus Listrik

15 September 2019, 18:00  |  12 Views

Pelaksanaan workshop Shoot Free Urban Bus Fleet in Asia bertujuan untuk mencari solusi adanya pencemaran udara di kota-kota besar di Asia termasuk Jakarta.

Tulang Belakang Anda Suka Sakit Perhatikan Tips Ini

Kesehatan

Tulang Belakang Anda Suka Sakit? Perhatikan Tips Ini!

15 September 2019, 17:00  |  21 Views

Terlalu lama duduk saat di kantor atau dalam perjalanan panjang dapat menyebabkan sakit tulang punggung belakang.

Pilihan Tanaman Untuk Pekarangan Rumah Minimalis

Properti dan Solusi

Pilihan Tanaman untuk Pekarangan Rumah Minimalis

15 September 2019, 16:00  |  23 Views

Mendesain dan menata taman pada rumah minimalis tergolong tidak sulit, cukup berikan perhatian pada beberapa hal dan jangan lupa dirawat secara teratur.


Comments


Please Login to leave a comment.