Obat Alami Sariawan.jpg

Kesehatan

Ini 4 Cara Alami Obati Sariawan

Sariawan seringkali muncul pada gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Penyebab sariawan biasanya karena daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Namun, trauma pada jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan, seperti lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika Anda menyikat gigi terlalu cepat atau terlalu keras hingga melukai gusi.

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Siapapun dapat mengalami sariawan, mulai dari anak hingga dewasa. Rasa perih karena sariawan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, mengurangi nafsu makan dan terkadang mengakibatkan sulit untuk berbicara. Sariawan biasanya akan hilang dan sembuh sekitar 10-14 hari. Bila Anda ingin segera mengobati sariawan lebih cepat, Anda bisa mengobati sariawan dengan 4 cara alami berikut yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (8/2/2019).

  • Madu

Madu bisa menjadi pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh dengan cara oleskan madu diatas sariawan Anda. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh Chamomile yang harus didinginkan sebelum diminum. Madu bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan karena madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

  • Air Garam

Anda bisa meredakan sariawan tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan garam satu setengah sendok teh ke dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata dan kumur selama 1-2 menit. Anda bisa kumur dengan air garam setidaknya sehari tiga kali sampai sariawan terlihat mengempis. Garam memiliki sifat yang sama seperti madu sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga bermanfaat untuk mencegah infeksi pada mulut.

  • Kelapa

Kelapa mampu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Cara menggunakan kelapa menjadi obat sariawan adalah campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada luka sariawan Anda. Gunakan cara tersebut sebanyak 3-4 kali sehari hingga sariawan terlihat mengecil.

  • Es Batu

Cara mengobati sariawan secara alami lainnya dapat Anda lakukan dengan mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Dingin yang didapat dari es batu dapat mematikan rasa perih sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena sariawan. Namun, es batu tidak bisa langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa dilelehkan permukaannya sedikit terlebih dahulu.

[Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh]

Bila sariawan Anda tidak kunjung sembuh setelah diobati dengan cara alami, Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptic atau antibiotik untuk membunuh bakteri di sekitar luka dan konsumsi vitamin B-12 untuk mendukung atasi sariawan dengan praktis dan cepat. Bila semua cara tersebut tidak berhasil dalam jangka waktu lebih dari 14 hari, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 years lalu
    octavia

    Ayo kunjungi Dupa88.org , ada promo Bonus kalah ganti 100% menanti anda , tunggu apa lagi , maru bergabung dengan dupa88, dan jadilah jutawan link : https://biolinky.co/gameonlinedupa88

  • Test 2 years, 1 month lalu
    test

    Ayo bergabung dengan qqharian.cc , banyak promo dan bonus menarik menanti anda , tunggu apa lgi , jadi lah bagian dari kami dan jadilah jutawan

  • Rine 2 years, 8 months lalu
    rine

    ayo kunjungi qqharian.club ,banyak promo dan bonus menarik menanti anda