Obat Alami Sariawan.jpg

Kesehatan

Ini 4 Cara Alami Obati Sariawan

Sariawan seringkali muncul pada gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut. Penyebab sariawan biasanya karena daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 serta infeksi bakteri atau virus tertentu. Namun, trauma pada jaringan lunak mulut juga dapat menyebabkan sariawan, seperti lidah atau bibir tergigit ketika mengunyah makanan, lidah tergores makanan yang tajam seperti keripik, atau ketika Anda menyikat gigi terlalu cepat atau terlalu keras hingga melukai gusi.

[Baca Juga: Dokter Gigi RS Pondok Indah Favorit Anak-anak]

Siapapun dapat mengalami sariawan, mulai dari anak hingga dewasa. Rasa perih karena sariawan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, mengurangi nafsu makan dan terkadang mengakibatkan sulit untuk berbicara. Sariawan biasanya akan hilang dan sembuh sekitar 10-14 hari. Bila Anda ingin segera mengobati sariawan lebih cepat, Anda bisa mengobati sariawan dengan 4 cara alami berikut yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber (8/2/2019).

  • Madu

Madu bisa menjadi pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh dengan cara oleskan madu diatas sariawan Anda. Madu juga bisa dikombinasikan dengan teh Chamomile yang harus didinginkan sebelum diminum. Madu bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan karena madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

  • Air Garam

Anda bisa meredakan sariawan tanpa obat dengan berkumur menggunakan air garam. Campurkan garam satu setengah sendok teh ke dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata dan kumur selama 1-2 menit. Anda bisa kumur dengan air garam setidaknya sehari tiga kali sampai sariawan terlihat mengempis. Garam memiliki sifat yang sama seperti madu sehingga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga bermanfaat untuk mencegah infeksi pada mulut.

  • Kelapa

Kelapa mampu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan. Cara menggunakan kelapa menjadi obat sariawan adalah campurkan madu dengan susu kelapa atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada luka sariawan Anda. Gunakan cara tersebut sebanyak 3-4 kali sehari hingga sariawan terlihat mengecil.

  • Es Batu

Cara mengobati sariawan secara alami lainnya dapat Anda lakukan dengan mengoleskan es batu yang sedang mencair ke area sariawan. Dingin yang didapat dari es batu dapat mematikan rasa perih sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan karena sariawan. Namun, es batu tidak bisa langsung diaplikasikan ke area sariawan tanpa dilelehkan permukaannya sedikit terlebih dahulu.

[Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Es Batu Bagi Tubuh]

Bila sariawan Anda tidak kunjung sembuh setelah diobati dengan cara alami, Anda juga bisa menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptic atau antibiotik untuk membunuh bakteri di sekitar luka dan konsumsi vitamin B-12 untuk mendukung atasi sariawan dengan praktis dan cepat. Bila semua cara tersebut tidak berhasil dalam jangka waktu lebih dari 14 hari, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter.


Read More

Artikel Lainnya

Bazar Takjil3.jpg

Kuliner

Hadir Setiap Ramadan, Bazar Takjil Kota Wisata Cibubur

22 April 2021, 17:08

Saat bulan Ramadan tiba, beberapa Kawasan selalu mengadakan bazar yang dibuka saat menjelang Adzan Magrib. Salah satunya adalah Bazar Takjil Kota Wisata yang selalu disambut antusias.

Inspirasi Menu Buka Puasa Ini Resep Klapertaart Kurma ala Chef Chitra.jpg

Kuliner

Inspirasi Menu Buka Puasa: Resep Klapertaart Kurma ala Chef Chitra

22 April 2021, 16:09

Ingin menikmati menu buka puasa yang terkesan ‘tidak biasa’? Anda bisa coba resep klapertaart kurma dari Chef Chitra.

Musim Pancaroba, Diskar PB Kota Bandung Siap Melakukan Langkah-Langkah Mitigasi. 2jpg.jpg

Berita Kawasan

Musim Pancaroba, Diskar PB Kota Bandung Siap Melakukan Langkah-Langkah Mitigasi

22 April 2021, 09:09

Sebagian wilayah di Kota Bandung mengalami musim pancaroba. Maka Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung selalu siap siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana di masa pancaroba dan menjelang musim kemarau

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Bandung Butuh Penanganan Khusus 3.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Bandung Butuh Penanganan Khusus

22 April 2021, 08:07

Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kota Bandung mengalami sedikit hambatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Bandung pada saat meninjau vaksinasi di Kecamatan Batununggal.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 5 months, 1 week lalu
    octavia

    Ayo kunjungi Dupa88.org , ada promo Bonus kalah ganti 100% menanti anda , tunggu apa lagi , maru bergabung dengan dupa88, dan jadilah jutawan link : https://biolinky.co/gameonlinedupa88

  • Test 5 months, 3 weeks lalu
    test

    Ayo bergabung dengan qqharian.cc , banyak promo dan bonus menarik menanti anda , tunggu apa lgi , jadi lah bagian dari kami dan jadilah jutawan

  • Rine 1 year lalu
    rine

    ayo kunjungi qqharian.club ,banyak promo dan bonus menarik menanti anda