4 Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Kecantikan dan Fashion

4 Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Saat berpuasa, bukan hanya tubuh saja yang kekurangan cairan. Kulit pun akan terkena dampak dari berpuasa. Biasanya, karena tak ada cairan yang masuk kulit akan lebih kering dari pada biasanya. Sehingga sangat wajar jika terjadi perubahan tekstur maupun kondisi pada kulit wajah maupun tubuh.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasi kulit kering saat berpuasa dengan cara-cara di bawah ini berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber (6/5/2019).

[Baca Juga: 4 Aktivitas Seru Bersama Keluarga Pada Bulan Ramadan]

1. Tetap Minum Air Putih

Walau Anda sedang berpuasa, saat waktunya berbuka jangan lupa untuk perbanyak minum air putih. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan perhari yaitu 2 liter per hari. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan metode metode 2-4-2 yakni dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas lagi saat sahur.

Jika Anda memungkinkan untuk mengonsumsi air lebih banyak, justru sangat baik. Kulit Anda akan tetap lebih lembap jika kebutuhan cairan per hari Anda terpenuhi.

2. Jangan Lupa Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah juga bisa memberikan Anda kelembapan layaknya air putih. Jika Anda tak sanggup mengonsumsi air terlalu banyak, coba selipkan porsi makan berbuka ataupun sahur dengan sayur dan buah. Semangka dan pir bisa jadi opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus vitamin. Anda juga bisa mengonsumsi bayam dan tomat yang kaya akan vitamin.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan]

3. Ganti Penggunaan Produk Perawatan Anda

Ketika Anda kekurangan cairan karena tidak bisa minum air putih, Anda bisa mengakalinya dengan mengganti produk yang biasa Anda gunakan. Jika Anda menggunakan lotion, coba ganti mencadi krim yang konsistensinya lebih tebal.

Produk krim biasanya lebih lembap dibanding losion. Walaupun memang terasa berat, namun produk yang terbuat dari krim mampu mempertahankan air lebih lama dalam kulit. Krim juga mampu melindungi kulit dari temperatur dan kelembapan yang ekstrim.

4. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi dapat mengangkat minyak natural yang ada dalam kulit sehingga kulit terasa lebih kering. Pasalnya saat berpuasa, Anda tak memiliki pasokan cairan, maka dari itu mengurangi waktu mandi bisa menghindari kulit yang terlalu kering.

Pilih sabun yang tidak mengandung sulfat atau segera kenakan hand body lotion atau body butter agar kelembapan tubuh Anda tetap terjaga.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit yang kering karena kekurangan cairan selama berpuasa.

Read More

Artikel Lainnya

Pantengin 13 Film Box Office Indonesia yang Bakal Tayang di Netflix

Hobi dan Hiburan

Pantengin 13 Film Box Office Indonesia yang Bakal Tayang di Netflix

01 June 2020, 16:00

Salah satu film yang bakal tayang adalah film Milea Suara Dari Dilan yang sukses meraih 3 juta penonton selama penayangannya di Bioskop

Perhatikan Langkah Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Restoran

Kuliner

Perhatikan Langkah Pencegahan Penularan COVID-19 di Restoran

01 June 2020, 15:00

Cara mencegah penularan COVID-19 di restoran bukan hanya pada interaksi para pelanggan tapi juga cara penyajian makanan. Apakah masih memungkinkan makan restoran kala pandemi?

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

Berita Kawasan

Sambut New Normal, MRT Siapkan Protokol Cegah Penumpukan Penumpang

01 June 2020, 14:00

Memasuki fase pemulihan kenormalan baru, PT MRT Jakarta mendorong penerapan budaya bersih, aman, nyaman, ramah lingkungan, kolaborasi, inovasi, dan tata kelola yang baik.

Hati-hati 4 Hal Ini Bisa Anda Alami Jika Tidur Gunakan Kipas Angin

Kesehatan

Hati-hati! 4 Hal Ini Bisa Anda Alami Jika Tidur Gunakan Kipas Angin

01 June 2020, 13:00

Menggunakan kipas angin di kamar mungkin membuat tidur Anda lebih nyaman. Namun, ada beberapa akibat untuk kesehatan.


Comments


Please Login to leave a comment.