4 Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Kecantikan dan Fashion

4 Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Berpuasa

Saat berpuasa, bukan hanya tubuh saja yang kekurangan cairan. Kulit pun akan terkena dampak dari berpuasa. Biasanya, karena tak ada cairan yang masuk kulit akan lebih kering dari pada biasanya. Sehingga sangat wajar jika terjadi perubahan tekstur maupun kondisi pada kulit wajah maupun tubuh.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasi kulit kering saat berpuasa dengan cara-cara di bawah ini berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber (6/5/2019).

[Baca Juga: 4 Aktivitas Seru Bersama Keluarga Pada Bulan Ramadan]

1. Tetap Minum Air Putih

Walau Anda sedang berpuasa, saat waktunya berbuka jangan lupa untuk perbanyak minum air putih. Anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan perhari yaitu 2 liter per hari. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan metode metode 2-4-2 yakni dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas lagi saat sahur.

Jika Anda memungkinkan untuk mengonsumsi air lebih banyak, justru sangat baik. Kulit Anda akan tetap lebih lembap jika kebutuhan cairan per hari Anda terpenuhi.

2. Jangan Lupa Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah juga bisa memberikan Anda kelembapan layaknya air putih. Jika Anda tak sanggup mengonsumsi air terlalu banyak, coba selipkan porsi makan berbuka ataupun sahur dengan sayur dan buah. Semangka dan pir bisa jadi opsi terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sekaligus vitamin. Anda juga bisa mengonsumsi bayam dan tomat yang kaya akan vitamin.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa Ramadan]

3. Ganti Penggunaan Produk Perawatan Anda

Ketika Anda kekurangan cairan karena tidak bisa minum air putih, Anda bisa mengakalinya dengan mengganti produk yang biasa Anda gunakan. Jika Anda menggunakan lotion, coba ganti mencadi krim yang konsistensinya lebih tebal.

Produk krim biasanya lebih lembap dibanding losion. Walaupun memang terasa berat, namun produk yang terbuat dari krim mampu mempertahankan air lebih lama dalam kulit. Krim juga mampu melindungi kulit dari temperatur dan kelembapan yang ekstrim.

4. Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi dapat mengangkat minyak natural yang ada dalam kulit sehingga kulit terasa lebih kering. Pasalnya saat berpuasa, Anda tak memiliki pasokan cairan, maka dari itu mengurangi waktu mandi bisa menghindari kulit yang terlalu kering.

Pilih sabun yang tidak mengandung sulfat atau segera kenakan hand body lotion atau body butter agar kelembapan tubuh Anda tetap terjaga.

[Baca Juga: Puasa Bisa Bikin Sel Tubuh Makin Kuat]

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit yang kering karena kekurangan cairan selama berpuasa.

Read More


Artikel Lainnya

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

Bisnis

Home Credit Gandeng Mitra Bisnis Kecil dan Menengah

26 May 2019, 13:00  |  6 Views

Sebagai perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, Home Credit berkomitmen menjadi mitra pembiayaan yang dapat diandalkan bagi mitra bisnis atau konsumen.

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

Berita Kawasan

Atlet Cheerleaders Indonesia Raih Prestasi di Asian Junior Cheerleding

26 May 2019, 14:00  |  5 Views

Prestasi atlet pemandu sorak di ajang Asian Junior Cheerleading Championship menjadi modal menuju Cheerleading Wold Championship.

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

Berita Kawasan

Cerita Wali Kota Bogor Setelah Menonton Film Ambu

26 May 2019, 12:00  |  5 Views

Usai menonton film Ambu garapan Skytree Pictures, Wali Kota Bogor mengaku sempat meneteskan air. Dia pun mengajak ibu dan anak di kawasan Bogor menonton film Ambu.

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

Kesehatan

Ini Cara Jitu Pria Jaga Stamina di Bulan Ramadan Ala Zap Clinic

26 May 2019, 15:00  |  5 Views

Menjaga stamina saat Ramadan perlu dilakukan agar segala aktivitas bisa dilakukan tanpa mengurangi intensitas. Khusus untuk pria, ini cara jitu jaga stamina di bulan Ramadan.


Comments


Please Login to leave a comment.