Atalia Kamil Apresiasi Pengrajin Bunga Telang Asal Bekasi

Bisnis

Atalia Kamil Apresiasi Pengrajin Bunga Telang Asal Bekasi

Pengrajin bunga telang atau Clitoria ternatea asal Kota Bekasi Soepartiwi baru saja mendapatkan apresiasi dari Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil. Soepratiwi diberikan apresiasi karena ia telah berhasil mengolah bunga telang menjadi kerajinan dan bahan olahan makanan.

Bunga telang merupakan tumbuhan merambat yang biasanya ditemukan di pekarangan rumah, di Indonesia tumbuhan ini tumbuh liar di beberapa tempat. Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna ungu cenderung biru, biasa digunakan untuk pewarna makanan atau kue.

Menurut Atalia, olahan dari bunga telang tersebut sangat menarik, mengingat jarang sekali kalangan yang tahu mengenai manfaat bunga telang. Ia pun bangga, karena Soepartiwi berhasil mengolah bunga telang menjadi produk yang memiliki nilai jual.

Atalia Kamil Apresiasi Pengrajin Bunga Telang Asal Bekasi

"Apa yang dilakukan Soepartiwi patut diapresiasi masyarakat, khususnya para pelaku usaha dan perajin agar mampu menghadirkan inovasi-inovasi. Bisa kita lihat bunga telang bisa jadi motif pada batik, aksesoris seperti bros, kalung, bahkan bisa jadi bahan makanan maupun minuman," kata Atalia saat berkunjung ke Antique Unique Batik dan Bistro, Kota Bekasi, pada 14 Agustus 2019 lalu.

Atalia mengimbau Ketua Dekranasda Kota Bekasi dan seluruh jajaran untuk terus mendorong dan mendukung hasil produksi milik Soepartiwi yang dibuat dari bunga telang. Bukan hanya itu, ia juga berharap produk-prosuk olahan bunga biru itu dapat dipatenkan.

[#R]

Melansir dari kotabogor.go.id (16/8/2019) Soepartiwi mengatakan, dirinya akan terus berinovasi dengan menciptakan jenis produk lainnya yang lebih indah, unik, dan memiliki nilai jual, tentunya dengan bahan dasar bunga telang. Soepartiwi meyebutkan, bunga telang memiliki warna yang menarik dan mengandung manfaat yang kaya untuk kesehatan.

"Kami menjadikan bunga telang sebagai ikon karena kami memanfaatkan bunga telang dengan membudidayakan bunga tersebut. Beberapa produk kami adalah sirup bunga telang, olahan untuk nasi biru, kolang kaling, puding, pewangi ruangan, dan beraneka jenis lainnya," ucap Soepartiwi.

[#R]

"Kembang telang ini sejak dulu digunakan sebagai pewarna alami, jika diolah menjadi bahan makanan sebenarnya tidak ada rasa atau hambar, tapi khasiat luar biasa, salah satunya kandungan bunga telang yang bermanfaat untuk tubuh adalah antioksidan," ujar Soepartiwi.

Ia pun mengaku, di dalam negeri bunga telang masih kurang diminati karena banyak masyarakat yang belum mengetahui keindahan dan khasiatnya. Menurutnya, masih diperlukan promosi yang gencar untuk membuat masyarakat tau tentang bunga telang. Berbeda dengan negara tetangga yang memiliki banyak olahan dari bunga ini, misalnya Thailand yang membuat manisan dengan bunga telang atau Malaysia yang membuat bunga telang sebagai olahan nasi.

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.