Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Saat Arus Mudik Lebaran

Kesehatan

Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Arus Mudik Lebaran

Saat arus mudik dan balik Lebaran, pos pelayanan kesehatan akan disiagakan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta di terminal dan stasiun yang ada di Jakarta. Pos pelayanan kesehatan akan disertai tenaga kesehatan yang terdiri dari satu dokter dan dua perawat selama 24 jam. Hal itu seperti dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam lansiran beritajakarta.id (21/5/2019).

Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Saat Arus Mudik Lebaran

Para petugas yang bersiaga di pos pelayanan kesehatan dari Dinkes Jakarta nantinya akan diterapkan sistem sif untuk mekanisme kerjanya. Dia juga menjelaskan, fokus pelayanan yang diberikan di terminal dan stasiun mencakup deteksi dini (screening) atau pemerikasaan kesehatan, seperti gula darah dan tekanan darah. Serta, diberikan pengobatan langsung bila hasil pemeriksaan menunjukkan pemudik atau pengemudi sedang tidak sehat. "Untuk yang berkategori sakit berat atau membutuhkan layanan medis lanjutan maka akan langsung kita rujuk," tambahnya.

[Baca Juga: Gerai Baru Bakmitopia Siap Menyambut Para Pemudik Lebaran 2019]

Bagi para pengemudi, tenaga kesehatan juga akan melakukan tes urine, sehingga keselamatan penumpang dalam perjalanan pun bisa terjamin. Karena para pengemudi bertanggung jawab atas keselamatan penumpang dalam perjalanan, jadi perlu dipastikan mereka dalam kondisi fit. Nantinya, hasil tes urinenya akan direkomendasikan pihak tenaga kesehatan kepada kepala terminal maupun stasiun untuk ditindaklanjuti.

Dukungan pelayanan kesehatan bagi pihak instansi pemerintah yang mengorganisir kegiatan mudik bersama maupun pihak swasta juga diberikan Dinkes DKI Jakarta seperti disampaikan Widyastuti. "Kami juga harus hadir di situ. Tim kami turun ke lapangan untuk bergerak memberikan dukungan layanan kesehatan," ujarnya.

Berdasarkan rilis beritajakarta.id (21/5/2019), empat terminal utama seperti Terminal Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang, dan Terminal Kampung Rambutan akan menjadi terminal yang menyediakan pos pelayanan kesehatan bagi pemudik Lebaran 2019.

[Baca Juga: CFD Kota Bekasi Diliburkan Hingga Arus Mudik Lebaran Selesai]

Selain itu, pos pelayanan kesehatan juga akan disiagakan di tujuh terminal tambahan atau terminal perbantuan, yaitu sebagai berikut.

  • Terminal Muara Angke
  • Terminal Grogol
  • Terminal Lebak Bulus
  • Terminal Rawamangun
  • Terminal Pinang Ranti
  • Terminal Blok M
  • Terminal Kemayoran

Sedangkan pos pelayanan kesehatan di stasiun akan tersedia di stasiun berikut.

  • Stasiun Kota
  • Stasiun Senen
  • Stasiun Gambir
  • Stasiun Manggarai
  • Stasiun Tanah Abang
  • Stasiun Jatinegara

Semua pos pelayanan kesehatan dari Dinkes DKI Jakarta akan beroperasi mulai tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Mari jaga kondisi kesehatan tubuh dan periksakan sebelum berangkat mudik Lebaran ya, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.

wuling_bakti_pendidikan_3.jpg

Pendidikan

Wuling Bakti Pendidikan Jalin Kerja Sama Bersama SMK Negeri 1 Singosari

29 June 2022, 15:00

Wuling terus membuktikan komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah kejuruan.

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel.jpg

Pendidikan

Ini Organisasi Non-profit di Kota Malang dengan Fokus Pemberdayaan Difabel

29 June 2022, 14:20

Sejak awal berdirinya, Percacita bergerak untuk menghilangkan stigma dari kaum difabel dan menunjukkan kepada publik bahwa mereka juga mampu berkarya.

Ford Foundation Jakarta Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan.jpg

Bisnis

Ford Foundation Jakarta: Impact Investing Kunci Atasi Ketimpangan

29 June 2022, 10:18

Organisasi filantropi mendorong lebih banyak investor di Tanah Air memilih ranah impact investing yang tak hanya menargetkan profit semata tapi juga turut mendukung mengatasi ketimpangan di Indonesia


Comments


Please Login to leave a comment.