Cara Hemat Air Keran dengan Aerator

Properti dan Solusi

Cara Hemat Air Keran dengan Aerator

Aerator keran adalah alat yang dipakai untuk menghemat air dan energi dengan mengurangi percikan air dari keran dan diletakkan pada ujung keran. Alat ini disebut aerator keran karena menggabungkan udara dengan air yang mengalir dari ujung keran. Aerator keran ini memiliki fisik berupa saringan yang terbuat dari logam atau plastik.

Ketika air mengalir melalui saringan berbentuk jaring tersebut, aerator membagi aliran air ke banyak lubang kecil sehingga memungkinkan udara untuk bercampur dengan air. Aerasi air dan pembagian air ke dalam lubang-lubang kecil menciptakan aliran air yang lebih konsisten dan mengurangi percikan.

Cara Hemat Air Keran dengan Aerator

Saringan jaring aerator keran membantu untuk menghemat air dengan mencegah sebagian kecil air yang mengalir dari keran. Tidak seperti beberapa perangkat aliran rendah yang membatasi aliran air dan mengurangi tekanan air, aerator keran mengurangi jumlah air yang digunakan namun tekanan air dari keran tetap terasa.

Aerasi air adalah upaya agar tekanan air tetap terasa normal, meskipun air yang digunakan hanya sedikit. Aerator keran cukup membantu untuk menghemat energi dengan mengurangi tingkat konsumsi air panas. Pemanas air mempertahankan air di dalam tangki pemanas air pada suhu konsisten.

[Baca Juga: 5 Tips Mudah Menghemat Air Sehari-hari di Musim Kemarau]

Misalnya pada penggunaan air panas, air dingin akan menggantikan air panas yang digunakan. Air baru ini kemudian dipanaskan menggunakan energi dalam prosesnya. Dengan mengurangi jumlah air yang digunakan, aerator memungkinkan pemanas air agar lebih jarang digunakan. Hasilnya, dengan membatasi air yang dipanaskan dan dipertahankan pada suhunya, otomatis akan menghemat energi dan biaya.

Meski ada beragam aerator di pasaran yang dirancang agar cocok dengan berbagai jenis dan ukuran keran yang tersedia, pada dasarnya ada dua jenis utama dari keran aerator. Salah satunya adalah perangkat sederhana yang dipasang di ujung keran dan tidak bergerak.

[Baca Juga: Usai Dibayangi Kekeringan, Jakarta Selatan Akhirnya Diguyur Hujan]

Desain yang kedua adalah model putar yang memungkinkan pengguna untuk mengarahkan aliran air dengan arah yang berbeda. Aerator keran bisa dibeli di toko bahan bangunan, pemasangannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Read More

Artikel Lainnya

Gojek-Gandeng-JumpaPay-Luncurkan-Inovasi-Layanan-GoService.jpeg.jpg

Bisnis

Gojek Rangkul JumpaPay Untuk Menggagas Layanan GoService

13 July 2020, 20:00

Layanan GoService yang diluncurkan hari ini diharapkan dapat memudahkan proses pengurusan administrasi surat kendaraan bermotor.

happyfresh-deliveryman.jpg

Bisnis

Kini Happyfresh Hadir di Bukalapak Untuk Mudahkan Belanja Kebutuhan Sehari-hari

13 July 2020, 19:00

Aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari lebih banyak dilakukan secara online di masa pandemi. Hal ini yang diseriusi oleh HappyFresh dengan menggandeng Bukalapak.

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

Bisnis

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

13 July 2020, 18:00

Bidik para pecinta olahraga, Sony menghadirkan headphone nirkabel yang inovatif dan praktis untuk digunakan setiap saat.

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota .jpg

Bisnis

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota

13 July 2020, 17:00

Perusahaan Avrist Assurance baru-baru ini menggelar aksi sosialnya di 11 kota Indonesia dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-45.


Comments


Please Login to leave a comment.