Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja

Kesehatan

Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki media sosial menjadi sebuah kewajiban bagi remaja. Dengan menggunakan smartphone, media sosial adalah aplikasi yang intensitas penggunaannya paling tinggi oleh kalangan remaja.

Aplikasi seperti Facebook, Youtube, Instagram, atau Line merupakan aplikasi yang membuat remaja betah berlama-lama menatap layar ponselnya.

Melihat fakta tersebut, dilansir BBC.com (8/5/2019), sebuah studi yang dilakukan University of Oxford terhadap 12.000 remaja di Inggris, menunjukkan bahwa efek penggunaan media sosial berlebihan pada remaja berpengaruh pada kepuasan hidup seseorang.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Ulas Hubungan Sosial Media dan Politik Milenial]

Hasil studi juga menunjukkan jika kepuasan hidup seorang remaja menjadi sangat rendah dan cenderung tidak bahagia jika menggunakan aplikasi media sosial secara berlebihan.

Menggunakan media sosial secara berlebihan juga bisa membuat seseorang remaja hanya mementingkan diri sendiri. Mereka seakan tidak kenal waktu karena fokus dengan ponselnya.

Sebagai seorang remaja, bersosialisasi dengan orang sekitar adalah suatu keharusan karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun, karena banyak remaja yang malas berkomunikasi secara langsung, biasanya remaja yang berlebihan dalam menggunakan media sosial merupakan orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.

Perilaku malas terhadap segala aktivitas sehari-hari juga timbul karena kecanduan menggunakan media sosial. Perilaku malas ini muncul lantaran seorang remaja terlalu asyik dengan jejaring sosial dan mereka lupa akan kewajiban mereka sehari-hari sebagai pelajar, atau pekerja.

[Baca Juga: Aplikasi Ponsel Bantu Remaja Putri Atasi Anemia]

Mental seseorang yang menggunakan media sosial secara berlebihan juga dapat terganggu. Karena di dalam media sosial, aksi cyber bullying sulit terkendali dan bisa menyerang siapa saja dengan cepat, tak kenal waktu dan tempat.

Maka, sebelum kecanduan dengan media sosial, para remaja harus bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Dampak positif akan muncul tergantung dari bagaimana seseorang menggunakan media sosial itu sendiri. Pergunakanlah media sosial seperlunya, jangan sampai menjadi bumerang bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.