Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja

Kesehatan

Ini Efek Buruk Media Sosial Berlebihan Pada Remaja

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki media sosial menjadi sebuah kewajiban bagi remaja. Dengan menggunakan smartphone, media sosial adalah aplikasi yang intensitas penggunaannya paling tinggi oleh kalangan remaja.

Aplikasi seperti Facebook, Youtube, Instagram, atau Line merupakan aplikasi yang membuat remaja betah berlama-lama menatap layar ponselnya.

Melihat fakta tersebut, dilansir BBC.com (8/5/2019), sebuah studi yang dilakukan University of Oxford terhadap 12.000 remaja di Inggris, menunjukkan bahwa efek penggunaan media sosial berlebihan pada remaja berpengaruh pada kepuasan hidup seseorang.

[Baca Juga: IndoSterling Forum Ulas Hubungan Sosial Media dan Politik Milenial]

Hasil studi juga menunjukkan jika kepuasan hidup seorang remaja menjadi sangat rendah dan cenderung tidak bahagia jika menggunakan aplikasi media sosial secara berlebihan.

Menggunakan media sosial secara berlebihan juga bisa membuat seseorang remaja hanya mementingkan diri sendiri. Mereka seakan tidak kenal waktu karena fokus dengan ponselnya.

Sebagai seorang remaja, bersosialisasi dengan orang sekitar adalah suatu keharusan karena banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun, karena banyak remaja yang malas berkomunikasi secara langsung, biasanya remaja yang berlebihan dalam menggunakan media sosial merupakan orang yang pendiam dan tidak banyak bergaul.

Perilaku malas terhadap segala aktivitas sehari-hari juga timbul karena kecanduan menggunakan media sosial. Perilaku malas ini muncul lantaran seorang remaja terlalu asyik dengan jejaring sosial dan mereka lupa akan kewajiban mereka sehari-hari sebagai pelajar, atau pekerja.

[Baca Juga: Aplikasi Ponsel Bantu Remaja Putri Atasi Anemia]

Mental seseorang yang menggunakan media sosial secara berlebihan juga dapat terganggu. Karena di dalam media sosial, aksi cyber bullying sulit terkendali dan bisa menyerang siapa saja dengan cepat, tak kenal waktu dan tempat.

Maka, sebelum kecanduan dengan media sosial, para remaja harus bisa menggunakan media sosial dengan bijak. Dampak positif akan muncul tergantung dari bagaimana seseorang menggunakan media sosial itu sendiri. Pergunakanlah media sosial seperlunya, jangan sampai menjadi bumerang bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.