Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Pendidikan

Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Pengunjung perpustakaan umum di Jakarta dalam periode Januari hingga 21 Mei 2019 terbilang cukup menakjubkan, yakni sudah mencapai 1,5 juta pemustaka. Pasalnya, tahun 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta memiliki target dua juta pemustaka.

Mengutip beritajakarta.id (23/5/2019), jumlah tersebut diperoleh dari hasil kunjungan di perpustakaan umum, yakni Perpustakaan Umum Cikini, Kuningan, perpustakaan stasioner, perpustakaan keliling, perpustakaan di RPTRA, Satpel DPK Kepulauan Seribu, Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) 1 dan 2, serta Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin.

Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Namun, bukan tahun ini saja pengunjung perpustakaan menunjukkan hasil di atas target. Karena di tahun 2018 pun pengunjung perpustakaan mencapai 3,1 juta dari target sebanyak 1,8 juta sebagaimana disampaikan Kepala Dispusip DKI Jakarta Wahyu Haryadi.

Dia mengatakan, pihaknya optimis bisa mencapai kembali target di tahun 2019 sesuai yang ditetapkan karena melihat tren positif dari masyarakat Jakarta hingga saat ini. Selain itu, menurutnya, perpustakaan bisa menjadi pusat kreativitas dan kegiatan masyarakat. Untuk itu, Dispusip DKI Jakarta akan memberikan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan literasi di perpustakaan, yang juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah pengunjung perpustakaan.

[Baca Juga: Siswa Kembangan Selatan Manfaatkan Layanan Perpustakaan Keliling]

Meski begitu, dia pun tetap berharap semakin banyak lagi masyarakat yang datang ke perpustakaan. "Kita tentu berharap masyarakat semakin banyak yang datang ke perpustakaan. Sebab, koleksi buku yang kita miliki juga cukup lengkap," tuturnya.

Dispusip DKI juga akan menggandeng komunitas dan stakeholder lain untuk bersama-sama menumbuhkembangkan minat baca masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan atau event. Hal itu agar tidak hanya jumlah pengunjung perpustakaan yang bertambah, melainkan minat baca masyarakat juga meningkat.

Selain jumlah pengunjung perpustakaan umum yang sudah mendekati target dan diharapkan semakin banyak lagi, Dispusip DKI Jakarta juga telah menemukan juara dalam Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA (SMA/MA/SMK) se-Provinsi DKI Jakarta yaitu SMA Negeri 81 Jakarta. Untuk diketahui, perlombaan tersebut sudah berlangsung sejak 30 April hingga 3 Mei 2019.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

“SMA Negeri 81 Jakarta berhak mewakili DKI Jakarta dalam lomba perpustakaan tingkat nasional yang rencananya diselenggarakan Agustus mendatang,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI Jakarta Suryanto.

Selain itu, Dispusip DKI Jakarta juga telah mengadakan Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta pada 6-8 Mei 2019. Dan, pemenang dari perlombaan tersebut adalah Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat berdasarikan rilis dispusip.jakarta.go.id (21/5/2019).

Dengan banyaknya jumlah pengunjung di perpustakaan umum, dan perlombaan perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat yang diselenggarakan Dispusip DKI Jakarta, tentu diharapkan bisa turut mendorong semangat literasi masyarakat Jakarta.

Mari dukung Dispusip DKI Jakarta dalam menumbuhkembangkan minat baca dengan datang ke perpustakaan dan bangkitkan semangat membaca di Jakarta!

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.