Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Pendidikan

Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Pengunjung perpustakaan umum di Jakarta dalam periode Januari hingga 21 Mei 2019 terbilang cukup menakjubkan, yakni sudah mencapai 1,5 juta pemustaka. Pasalnya, tahun 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta memiliki target dua juta pemustaka.

Mengutip beritajakarta.id (23/5/2019), jumlah tersebut diperoleh dari hasil kunjungan di perpustakaan umum, yakni Perpustakaan Umum Cikini, Kuningan, perpustakaan stasioner, perpustakaan keliling, perpustakaan di RPTRA, Satpel DPK Kepulauan Seribu, Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) 1 dan 2, serta Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin.

Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Namun, bukan tahun ini saja pengunjung perpustakaan menunjukkan hasil di atas target. Karena di tahun 2018 pun pengunjung perpustakaan mencapai 3,1 juta dari target sebanyak 1,8 juta sebagaimana disampaikan Kepala Dispusip DKI Jakarta Wahyu Haryadi.

Dia mengatakan, pihaknya optimis bisa mencapai kembali target di tahun 2019 sesuai yang ditetapkan karena melihat tren positif dari masyarakat Jakarta hingga saat ini. Selain itu, menurutnya, perpustakaan bisa menjadi pusat kreativitas dan kegiatan masyarakat. Untuk itu, Dispusip DKI Jakarta akan memberikan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan literasi di perpustakaan, yang juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah pengunjung perpustakaan.

[Baca Juga: Siswa Kembangan Selatan Manfaatkan Layanan Perpustakaan Keliling]

Meski begitu, dia pun tetap berharap semakin banyak lagi masyarakat yang datang ke perpustakaan. "Kita tentu berharap masyarakat semakin banyak yang datang ke perpustakaan. Sebab, koleksi buku yang kita miliki juga cukup lengkap," tuturnya.

Dispusip DKI juga akan menggandeng komunitas dan stakeholder lain untuk bersama-sama menumbuhkembangkan minat baca masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan atau event. Hal itu agar tidak hanya jumlah pengunjung perpustakaan yang bertambah, melainkan minat baca masyarakat juga meningkat.

Selain jumlah pengunjung perpustakaan umum yang sudah mendekati target dan diharapkan semakin banyak lagi, Dispusip DKI Jakarta juga telah menemukan juara dalam Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA (SMA/MA/SMK) se-Provinsi DKI Jakarta yaitu SMA Negeri 81 Jakarta. Untuk diketahui, perlombaan tersebut sudah berlangsung sejak 30 April hingga 3 Mei 2019.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

“SMA Negeri 81 Jakarta berhak mewakili DKI Jakarta dalam lomba perpustakaan tingkat nasional yang rencananya diselenggarakan Agustus mendatang,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI Jakarta Suryanto.

Selain itu, Dispusip DKI Jakarta juga telah mengadakan Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta pada 6-8 Mei 2019. Dan, pemenang dari perlombaan tersebut adalah Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat berdasarikan rilis dispusip.jakarta.go.id (21/5/2019).

Dengan banyaknya jumlah pengunjung di perpustakaan umum, dan perlombaan perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat yang diselenggarakan Dispusip DKI Jakarta, tentu diharapkan bisa turut mendorong semangat literasi masyarakat Jakarta.

Mari dukung Dispusip DKI Jakarta dalam menumbuhkembangkan minat baca dengan datang ke perpustakaan dan bangkitkan semangat membaca di Jakarta!

Read More


Artikel Lainnya

4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara

Berita Kawasan

4 Strategi Utama Kemenpar Capai Target Wisatawan Mancanegara

14 June 2019, 10:00  |  7 Views

Kemenpar bersama pelaku bisnis pariwisata menyiapkan sembilan strategi, namun akan terapkan empat strategi utama untuk capai target kunjungan wisaman pada tahun ini.

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

Kesehatan

6 Akibat Menggunakan Rokok Elektrik untuk Kesehatan

14 June 2019, 11:00  |  17 Views

Rokok elektrik digunakan beberapa orang sebagai alternatif rokok tembakau. Namun rokok ini juga memiliki risiko untuk kesehatan.

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kesehatan

5 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

14 June 2019, 09:00  |  22 Views

Penderita diabetes tak bisa sembarangan makan buah, walaupun termasuk makanan sehat. beberapa buah mampu meningkatkan kadar gula.

Ikuti 4 Trik Ini Sebelum Membeli Furnitur Di Internet

Properti dan Solusi

Ikuti 4 Trik Ini Sebelum Membeli Furnitur Di Internet

14 June 2019, 12:00  |  7 Views

Belanja online memang menyenangkan karena lebih mudah dan cepat, namun Anda juga tetap harus waspada.


Comments


Please Login to leave a comment.