Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Pendidikan

Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Pengunjung perpustakaan umum di Jakarta dalam periode Januari hingga 21 Mei 2019 terbilang cukup menakjubkan, yakni sudah mencapai 1,5 juta pemustaka. Pasalnya, tahun 2019 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta memiliki target dua juta pemustaka.

Mengutip beritajakarta.id (23/5/2019), jumlah tersebut diperoleh dari hasil kunjungan di perpustakaan umum, yakni Perpustakaan Umum Cikini, Kuningan, perpustakaan stasioner, perpustakaan keliling, perpustakaan di RPTRA, Satpel DPK Kepulauan Seribu, Perpustakaan Masyarakat Jakarta (Permata) 1 dan 2, serta Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin.

Kunjungan Perpustakaan Umum DKI Sudah Hampir Mencapai Target

Namun, bukan tahun ini saja pengunjung perpustakaan menunjukkan hasil di atas target. Karena di tahun 2018 pun pengunjung perpustakaan mencapai 3,1 juta dari target sebanyak 1,8 juta sebagaimana disampaikan Kepala Dispusip DKI Jakarta Wahyu Haryadi.

Dia mengatakan, pihaknya optimis bisa mencapai kembali target di tahun 2019 sesuai yang ditetapkan karena melihat tren positif dari masyarakat Jakarta hingga saat ini. Selain itu, menurutnya, perpustakaan bisa menjadi pusat kreativitas dan kegiatan masyarakat. Untuk itu, Dispusip DKI Jakarta akan memberikan fasilitas untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan literasi di perpustakaan, yang juga berpengaruh pada meningkatnya jumlah pengunjung perpustakaan.

[Baca Juga: Siswa Kembangan Selatan Manfaatkan Layanan Perpustakaan Keliling]

Meski begitu, dia pun tetap berharap semakin banyak lagi masyarakat yang datang ke perpustakaan. "Kita tentu berharap masyarakat semakin banyak yang datang ke perpustakaan. Sebab, koleksi buku yang kita miliki juga cukup lengkap," tuturnya.

Dispusip DKI juga akan menggandeng komunitas dan stakeholder lain untuk bersama-sama menumbuhkembangkan minat baca masyarakat dengan mengadakan berbagai kegiatan atau event. Hal itu agar tidak hanya jumlah pengunjung perpustakaan yang bertambah, melainkan minat baca masyarakat juga meningkat.

Selain jumlah pengunjung perpustakaan umum yang sudah mendekati target dan diharapkan semakin banyak lagi, Dispusip DKI Jakarta juga telah menemukan juara dalam Lomba Perpustakaan Sekolah/Madrasah Tingkat SLTA (SMA/MA/SMK) se-Provinsi DKI Jakarta yaitu SMA Negeri 81 Jakarta. Untuk diketahui, perlombaan tersebut sudah berlangsung sejak 30 April hingga 3 Mei 2019.

[Baca Juga: Ayo Sukseskan Tantangan #BacaJakarta 2019]

“SMA Negeri 81 Jakarta berhak mewakili DKI Jakarta dalam lomba perpustakaan tingkat nasional yang rencananya diselenggarakan Agustus mendatang,” ujar Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dispusip DKI Jakarta Suryanto.

Selain itu, Dispusip DKI Jakarta juga telah mengadakan Lomba Perpustakaan Umum Kelurahan Tingkat Provinsi DKI Jakarta pada 6-8 Mei 2019. Dan, pemenang dari perlombaan tersebut adalah Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat berdasarikan rilis dispusip.jakarta.go.id (21/5/2019).

Dengan banyaknya jumlah pengunjung di perpustakaan umum, dan perlombaan perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat yang diselenggarakan Dispusip DKI Jakarta, tentu diharapkan bisa turut mendorong semangat literasi masyarakat Jakarta.

Mari dukung Dispusip DKI Jakarta dalam menumbuhkembangkan minat baca dengan datang ke perpustakaan dan bangkitkan semangat membaca di Jakarta!


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.