Kenali Bahaya Berbuka Puasa dengan Makan Junk Food

Kesehatan

Kenali Bahaya Berbuka Puasa dengan Makan Junk Food

Makanan cepat saji memang praktis untuk didapatkan saat mendekati waktu berbuka puasa. Terlebih, biasanya banyak orang yang memilih untuk buka puasa bersama di restoran yang menyajikan makanan cepat saji.

Namun, makanan cepat saji sebenarnya merupakan junk food yang sebaiknya tidak menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Karena sebagian besar junk food memiliki bahaya bagi kesehatan, terlebih jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

Apa saja dampak dari mengonsumsi junk food untuk berbuka puasa? Berikut dampak yang bisa ditimbulkan dan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh yang dirangkum PingPoint.co.id dari beberapa sumber.

1. Meningkatkan Asam Lambung

Bagi penderita maag, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang tergolong junk food. Biasanya, junk food memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang bisa membuat regulasi asam lambung menjadi terganggu. Selain itu, junk food juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Sehingga saat makanan tidak tercerna dengan sempurna maka asam lambung bisa meningkat dan naik ke kerongkongan.

[Baca Juga: 4 Manfaat Minum Kelapa Muda Saat Buka Puasa]

2. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh saat mengandalkan junk food untuk buka puasa adalah risiko penyakit jantung. Selain mengandung lemak trans, junk food juga mengandung lemak jenuh yang keduanya bisa meningkatkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein/LDL). Meningkatnya kolesterol tersebut, akan memicu timbunan lemak pada pembuluh darah arteri. Di saat yang sama, lemak trans turut menurunkan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein yang sebenarnya termasuk kolesterol baik. Karena kolesterol baik menurun, plak kolesterol pada pembuluh darah bermunculan sehingga menghambat aliran darah kaya oksigen menuju jantung dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

3. Menambah Berat Badan

Junk food adalah makanan yang telah melewati banyak proses pengolahan, sehingga nutrisi yang terkandung di dalam makanan cepat saji menghilang dan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Lemak trans yang terkandung dalam junk food tentu memberikan rasa lezat saat di makan, jadi membuat nafsu makan Anda meningkat. Dan tanpa sadar Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak karena rasa makanannya yang sangat lezat. Anda bisa bayangkan jika sering mengonsumsi junk food untuk berbuka puasa, bagaimana kalori yang tinggi itu akan tertimbun dalam tubuh Anda, sehingga berat badan Anda menjadi bertambah setelah bulan puasa.

[Baca Juga: Kuliner Khas Bulan Ramadan yang Selalu Dirindukan]

4. Meningkatkan Risiko Resistensi Insulin

Mengonsumsi makanan junk food ternyata berhubungan dengan meningkatnya risiko resistensi insulin yang bisa berakibat menaikkan gula darah. Sehingga, jika Anda mengonsumsi junk food saat buka puasa maka bahaya diabetes tipe dua pun akan mengintai.

5. Kekurangan Nutrisi

Jika Anda berbuka puasa dengan sering mengonsumsi junk food, maka tubuh bisa dipastikan akan berisiko kekurangan nutrisi. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lemah dan menjadi mudah terkena penyakit dan infeksi.

Jika Anda tidak ingin kelima dampak negatif akibat mengonsumsi junk food saat buka puasa menyerang Anda, maka sebaiknya konsumsi makanan sehat saja. Semangat sehat, Pointers!


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.