Kemendikbud Gelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Pendidikan

Kemendikbud Gelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Dalam rangka untuk meningkatkan kamahiran guru dalam berbahasa Indonesia, Badan Pengembangan Bahasa dan perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan sosialisasi dan tes Uji Kemahiran Berbahasa Indonesa (UKBI) pada 10-15 Mei 2019 di Kantor Badan Pengembangan Bahsa dan Perbukuan, Rawamangun, Jakarta Timur.

UKBI merupakan tes kemahiran berbahasa Indonesia standar secara lisan dan tulis untuk mengukur kemahiran berbahasa, baik penutur jati, maupun penutur asing. Alat uji ini telah mendapatkan pengakuan yaitu berupa hak cipta dari Kementerian Hukum dan HAM pada 2003.

Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud Dadang Sunendar menjelaskan, data capaian nilai kemahiran memang sudah memenuhi target bagi guru bukan pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia.

[Baca Juga: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini]

“Data itu menunjukan bahwa tingkat kemampuan bahasa Indonesia bagi guru bukan pengampu pelajaran bahasa Indonesia adalah madya yang memang sudah sesuai dengan capaian yang kita harapkan,” katanya seperti dikutip dari laman Kemendikbud (11/5/2019).

Terkait hasil capaian nilai UKBI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan, perolehan nilai unggul sudah mencukupi bagi guru bukan pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia.

Dirinya juga mengimbau agar setiap guru dapat memiliki standar minimum madya untuk sertifikat UKBI sehingga dapat mencegah minimnya kompetensi berbahasa Indonesia bagi peserta didik.

[Baca Juga: Badan Bahasa Gelar Latihan Instruktur Baca Tulis Tingkat Nasional]

“Setiap guru agar dapat memiliki standar minimum madya bagi sertifikat UKBI. Sehingga jangan sampai kurangnya kompetensi bahasa Indonesia yang dimiliki dapat menular kepada peserta didik. Akibatnya, kamampuan peserta didiknya kacau seperti gurunya,” kata Muhadjir.

Cakupan penilaian UKBI meliputi tiga jenis keterampilan, yaitu keterampilan reseptif peserta uji dalam kegitan membaca dan mendengarkan, pengetahuan dan pemahaman peserta uji dalam penerapan kaidah Bahasa Indonesia, dan keterampilan produktif peserta uji dalam kegiatan menulis dan berbicara dalam menggunakan bahasa Indonesia secara lisan.

Para peserta yang mengikuti tes UKBI akan mendapatkan sertifikat UKBI dengan hasil peringkat dan nilai yang diperoleh dengan masa berlaku selama dua tahun. Hasil pemeringkatan UKBI meliputi Istimewa (725-800), Sangat Unggul (641-724), Unggul (578-640), Madya (482-577), Marginal (326-404), dan Terbatas (251-325).

Read More

Artikel Lainnya

Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar

Berita Kawasan

Mengapa Akhir-Akhir Ini Banyak Bermunculan Ular Liar?

11 December 2019, 09:00

Beberapa hari terakhir wilayah Jabodetabek dihebohkan dengan banyaknya kemunculan ular-ular liar. Apa penyebabnya?

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

Kesehatan

Cara Atasi Jerawat di Leher dengan 4 Bahan Alami Ini

11 December 2019, 08:00

Meski secara umum tidak berbahaya, jerawat di leher sering kali membuat penggunanya menjadi kurang percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya?

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.


Comments


Please Login to leave a comment.