Siswa SLB Belajar Urban Farming Bersama Sudin KPKP

Pendidikan

Siswa SLB Belajar Urban Farming Bersama Sudin KPKP

Urban farming merupakan kegiatan bertani dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah. Kegiatan ini sedang ramai digemari karena dinilai bisa mengurangi pengeluaran dan pasokan sayuran sehat ke keluarga mudah di dapat. Bukan hanya bertani, namun kegiatan ternak ikan dilingkungan rumah pun termasuk bagian dari urban farming.

Awalnya, konsepini hanya dilakukan oleh segelintir komunitas pecinta lingkungan. Namun kini kegiatan ini bergerak secara masif bahkan, pemerintah daerah menginisiasi kegiatan ini di lahan kosong yang tersedia. Selain itu, pemerintah juga memfasilitasi pembelajaran kegiatan urban farming untuk masyarakat aplikasikan sendiri.

[Baca Juga: Pemkot Jakbar Siapkan Gedung Pemerintah Ramah Disabilitas]

Maka dari itu, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) melalui Satpel KPKP Kecamatan Cilandak, memberikan pelatihan urban farming kepada para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Ulaka, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan (17/5/2019).

Kepala Satuan Pelaksana KPKP Kecamatan Cilandak Nila mengatakan, pelatihan dan pembinaan urban farming ini dilakukan untuk mengedukasi siswa agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan sekolahnya maupun di lingkungannya untuk kegiatan pertanian perkotaan secara organik.

[Baca Juga: 200 Generasi Muda Ikuti Sosialisasi Urban Farming]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (17/5/2019), siswa diberikan pelatihan dan pembinaan dalam memanfaatkan lahan pekarangan sekolah dengan menanam sayuran, seperti kacang panjang dan kangkung. Selain itu kami juga memberikan edukasi untuk memanfaatkan lahan guna memelihara ikan konsumsi.

“Meskipun siswa merupakan anak-anak yang mempunyai kekurangan, namun mereka juga memiliki semangat dan kemauan untuk belajar," kata Nila.

Nila menambahkan, siswa sangat berantusias saat mengikuti kegiatan ini. Mereka sangat senang dengan kegiatan bercocok tanam yang diajarkan. "Kegiatan ini didampingi oleh para guru dan pembina sekolah, sehingga apa yang kita sampaikan kepada mereka terkait urban farming bisa mudah dimengerti," ujar Nila.

[Baca Juga: Warga Cempaka Timur Galakkan Pertanian Perkotaan]

Nila berharap dengan adanya pelatihan ini para siswa dapat mengerti tentang kegiatan urban farming dan bisa menerapkannya di lingkungan. Karena sayuran yang dihasilkan dari kegiatan urban farming aman untuk dikonsumsi. Sebab tak ditambahkan pestisida dan bahan kimia berbahaya.

Menurut Nila, hasil tanaman organik ini juga bisa dijual kembali ke masyarakat sekitar, sehingga bisa menambah penghasilan keluarga. "Semoga setelah lulus dari sekolah, para siswa memiliki kemampuan dibidang pertanian dan mampu menerapkannya dan membagikannya ke masyarakat," Kata Nila.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.